Pengaruh latar belakang pendidikan, motivasi dan kepemimpinan terhadap kinerja karyawan Bank Aceh Syariah Cabang Kuala Simpang

Ade, Fadillah FW Pospos and Sri, Dinda Julian (2023) Pengaruh latar belakang pendidikan, motivasi dan kepemimpinan terhadap kinerja karyawan Bank Aceh Syariah Cabang Kuala Simpang. Jurnal Manajemen dan Bisnis Ekonomi, 1 (1). pp. 234-243. ISSN 2985-590X

[thumbnail of Jurnal Manajemen dan Bisnis Ekonomi]
Preview
Text (Jurnal Manajemen dan Bisnis Ekonomi)
2985-590X_1_1_2023-15.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (697kB) | Preview

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmengujipengaruhlatarbelakangpendidikan,motivasi, dan kepemimpinan terhadap kinerja karyawan PT. Bank Aceh SyariahCabangKualasimpang.Metedologidalampenelitianiniadalahpendekatankuantitatif. Data yang digunakan berdasarkan wawancara dari karyawan PT. BankAceh Syariah Cabang Kualasimpang yang dibantu dengan penyebaran kuesioner.Analisis data pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, denganmenggunkaanujinormalitas,ujimultikolinieritas,ujiheteroskedastisitas,ujilinearitas, uji t, uji f dan uji koefesien determinasi melalui SPSS. Hasil penelitianini menunjukkan bahwa Secara parsial latar belakang pendidikan berpengaruhtidaksignifikanterhadapkinerjakaryawanPT.BankAcehSyariahCabangKualasimpang nilai t hitung sebesar 2,463 dengan t tabel sebesar 2,036 pada tarafsignifikasi5%(0,05),dapatdiartikanbahwathitung>ttabel,dannilaisignifikansi perhitungan > 0,05 (0,20 < 0,05) sedangkan motivasi secara parsialberpengaruhsignifikanterhadapkinerja karyawanhasilditunjukkandarinilainilai t hitung sebesar 3,883 dengan t tabel sebesar 2,036 pada taraf signifikasi 5%,dapat diartikan bahwa nilai t hitung > t tabel, dan nilai signifikansi perhitungan <0,05(0,001<0,05)samadenganvariabelmotivasi,secaraparsialvariabelkepemimpinan juga berpengaruh terhadap kinerja karyawan hasil ini ditunjukkandari nilai t hitung sebesar 4,332 dengan t tabel sebesar 2,036 pada taraf signifikasi5%, dapat diartikan bahwa t hitung > t tabel, dan nilai signifikansi perhitungan <0,05 (0,000 < 0,05). Sementara untuk pengujian hipotesis secara simultan latarbelakang pendidikan, motivasi, dan kepemimpinan secara simultan berpengaruhsignifikan terhadap kinerja karyawan hasil ini ditunjukkan dari nilai F hitungsebesar10,116denganFtabelsebesar2,92yangmemilikisignifikansi0,05.Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai F hitung> nilai F tabel dannilai signifikansi perhitungan< (0,000< 0,05) dengan nilai R2sebesar 0,753sehingga dapat diartikan bahwa kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh variabelsebesar75,3%olehvariabellatarbelakangpendidikan,motivasi,dankepemimpinansedangkansisanya(100%-75,3%=22,7%)dijelaskanolehvariabellainyangtidakdimasukkandalampenelitianini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Latar Belakang Pendidikan, Motivasi, Kepemimpinan, Kinerja Karyawan
Subjects: Administration & Management
Economics and Business
Depositing User: Ni Nyoman Mei Antari
Date Deposited: 27 Feb 2025 07:34
Last Modified: 27 Feb 2025 07:34
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/26496

Actions (login required)

View Item
View Item