Implementasi data mining untuk mengklasifikasikan data penjualan pada supermarket menggunakan Algoritma Naïve Bayes

Indriyani, Indriyani and Agus, Bahtiar (2023) Implementasi data mining untuk mengklasifikasikan data penjualan pada supermarket menggunakan Algoritma Naïve Bayes. Jurnal Manajemen dan Bisnis Ekonomi, 1 (1). pp. 207-220. ISSN 2985-590X

[thumbnail of Jurnal Manajemen dan Bisnis Ekonomi]
Preview
Text (Jurnal Manajemen dan Bisnis Ekonomi)
2985-590X_1_1_2023-14.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (505kB) | Preview

Abstract

Teknologi semakin berkembang atau berkembang sangat pesat. Perkembanganteknologi juga mempengaruhi tuntutan masyarakat yang semakin meningkat sehinggatoko atau supermarket berlomba-lomba menyediakan berbagai jenis produk ataukebutuhan sehari-hari. Walausupermarket pasar moderen yang menyaingi pasartradisional, akan tetapi supermarket pun pasti akan tersaingi oleh supermarket yang lain.Setiap kota pasti ada trial yang berbeda-beda,yang dimana pelanggan pasti akan memilihmana yang sangat pantas merekakunjungi untuk berbelanja dan mana yang tidak. Namun,di setiap toko dan supermarket perlu diketahui jenis produk apa saja yang diminati olehpelanggan yang akan dituju dan pelayanan yang bagaimana yang mereka inginkan.Dataset supermarket ini mempunyai histori penjualan di 3 (tiga) cabang berbeda selama3 bulan. Membutuhkan klasifikasi penjualan supaya supermarket tersebut bisamenigkatkan perkembangnya dalam menjual barangnya. Dari hasil riset yang dilakukandi supermarket 3 cabang tersebut terdapat 16artibut dan 1000 record, Supermarketmenjual barang umum, elektronik, fashion, makanan dan minuman, kesehatan dankecantikan, kebutuhan rumah dan gaya hidup, olahraga dan perjalanan. Untuk membantu toko dan supermarket, penulis akan melakukan analisis dengan mengklasifikasikan datamining pada supermarket sort dengan menggunakan algoritma naive bayes untukmengetahui jenis produk yang disukai pelanggan di 3 cabang dalam 3 bulan. Kategoriproduk yang diperoleh dari mengklasifikasikan produk penjualan dapatmeghasilanakurasi mencapai 98.5%. Penggunaan metode algoritma naive bayes dan confusionalmatrix memberikan pengaruh yang sangat penting dalam mendapatkan klasifikasipenjualan supermarket yang akurasi dan signifikat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Data Mining, Supermarket, Naive Bayes.
Subjects: Administration & Management
Economics and Business
Depositing User: Ni Nyoman Mei Antari
Date Deposited: 27 Feb 2025 07:32
Last Modified: 27 Feb 2025 07:32
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/26495

Actions (login required)

View Item
View Item