Gambaran tingkat perkembangan kognitif anak usia prasekolah yang menggunakan alat permainan edukatif di TK Dian Cipta Cendikia (DCC) global school kecamatan Tanjung Karang Barat Bandar Lampung tahun 2019

Festy Ladyani, Mustofa and Supriyati, Supriyati and Jimbris Kristianto, Mombilia (2020) Gambaran tingkat perkembangan kognitif anak usia prasekolah yang menggunakan alat permainan edukatif di TK Dian Cipta Cendikia (DCC) global school kecamatan Tanjung Karang Barat Bandar Lampung tahun 2019. Jurnal Medika Malahayati, 4 (1): 2. 9 -15. ISSN 2355-6757

[thumbnail of 2355-6757_4_1_2020-2.pdf]
Preview
Text
2355-6757_4_1_2020-2.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview

Abstract

Stimulasi permainan untuk tumbuh kembang anak sejak dini sangat membantu, dengan pengetahuan orang tua yang baik, maka kebutuhan tumbuh kembang anak akan tercukupi. Berdasarkan laporan dari Departemen Kesehatan Repoblik Indonesia cakupan pelayanan kesehatan balita dalam deteksi tumbuh kembang balita yang mengalami gangguan tumbuh kembang anak di Indonesia sebanyak 45,7%. Tujuan untuk Mengetahui Gambaran Tingkat Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Pra-Sekolah yang Menggunakan Alat Permainan Edukatif di Taman Kanak-Kanak (DCC) Global School Kecamatan Tanjung Karang Barat Bandar Lampung. Penelitian deskriptif dengan pendekatan pengamatan data dan observasi. Jenis data yang diperoleh yaitu data primer dan sekunder. Cara pengumpulan data melalui pengamatan data hasil rapor TK B dan hasil tes CPM serta observasi penggunaan APE yang hasilnya akan dikategorisasikan. Penelitian ini dilakukan selama bulan November 2019 . Pada penelitian ini sampel yang diambil meliputi seluruh siswa TK B di TK DCC Global Bandar Lampung yang berjumlah enam siswa yang diambil dengan teknik total sampling. Hasil menunjukkan bahwa APE biji�bijian untuk meronca, radio, boneka, dan balok terdapat enam siswa (100%) dapat menggunakan dengan baik. Diketahui perkembangan kognitif anak usia pra�sekolah dengan menggunakan tes CPM sehingga didapatkan hasil intelegensi setiap siswa. Dari hasil tes CPM menunjukan 5 siswa (83,3%) memiliki intelegensi diatas rata-rata (Kecerdasan Superior 1 siswa 16,6%, Kecerdasan diatas rata-rata 3 siswa 50%, Kecerdasan rata-rata 1 siswa (16,6%) sedangkan 1 siswa (16,6%) memiliki intelegensi kecerdasan lemah. Tingkat perkembangan kognitif pada anak usia pra�sekolah yang menggunakan alat permainan edukatif di Taman Kanak-Kanak Dian Cipta Cendekia (DCC) Global School Bandar Lampung Tahun 2019 baik, namun terdapat 1 siswa yang kurang dalam perkembangan kognitifnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perkembangan kognitif, Prasekolah, Permainan edukatif, Cognitive development, Preschool, Educational games
Subjects: Health Resources > Health Education & Manpower Training
Medicine & Biology > Psychiatry
Depositing User: - Elfrida Meryance Saragih
Date Deposited: 26 Sep 2023 08:59
Last Modified: 26 Sep 2023 08:59
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/26384

Actions (login required)

View Item
View Item