Rawiya, Rawiya and Pitriani, Nasution (2023) Kompetensi manajerial kepala madrasah tsanawiyah dalam pengelolaan mutu pendidikan di Pondok Pesantren Modern Al Habib Kecamatan Sei Lepan. Journal of Student Research (JSR), 1 (1): 32. 404 -413. ISSN 2963-9859
2963-9859_1_1_2023-32.pdf
Download (1MB) | Preview
Abstract
Kemampuan seseorang dalam manajemen dikatakan sebagai manajerial dan orangnya dapat dikatakan sebagai manajer. Dengan manajemen, kinerja sebuah organisasi dapat berjalandengan maksimal, demikian juga dengan lembaga pendidikan. Mutu pendidikan dapat dikatakan sebagai gambaran mengenai baik-buruknya hasil yang dicapai oleh peserta didik dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif pendekatan studi lapangan (field research). Teknik metode pengumpulan data berupa metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahapan proses pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data dan penyajian kesimpulan. Hasilpenelitian menujukkan bahwa kompetensi pada dasarnya merupakan gambaran tentang apa yang seharusnya dapat dilakukan seseorang dalam pekerjaan berupa kegiatan, perilaku, dan hasil yang seharusnya dapat ditampilkan atau ditunjukkan. Agar dapat melakukan sesuatu dalam pekerjaannya tentu saja seseorang memiliki kemampuan dalam bentuk pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang sesuai dengan bidang pekerjaannya. Mutu pendidikan sebagai sistem selanjutnya tergantung pada mutu komponen yang membentuk sistem, serta proses pembelajaran yang berlangsung hingga membuahkan hasil di Pesantren Al Habib.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi manajerial, Kepala Madrasah, Mutu pendidikan, Islamic education, Educational quality, Educational management, Secondary school principals |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Een Rohaeni |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 07:42 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 07:42 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/26375 |