Analisis konsep pendidikan islam Al-mawardi dalam kitab adab Ad-Dunya Wa Ad-Din

Pisa, Aulia and Ahmad, Zaki and Muhammad, Saleh (2023) Analisis konsep pendidikan islam Al-mawardi dalam kitab adab Ad-Dunya Wa Ad-Din. Journal of Student Research (JSR), 1 (1): 26. pp. 329-339. ISSN 2963-9859

[thumbnail of 2963-9859_1_1_2023-26.pdf]
Preview
Text
2963-9859_1_1_2023-26.pdf

Download (790kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Analisis data dilakukan dengan cara induktif deduktif, komperatif, deskriptif dan interpretatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa konsep dasar menurut Al-Mawardi dalam kitabAdab Ad-dunya Wa Ad-din menghendaki kegiatan kependidikan dilakukan untuk melatih pola kerja akal secara terus menerus dalam merespon lingkungan. Bentuk kegiatannya bisa dilakukan dengan mengisi akal dengan pengetahuan kognitif serta memperteguh keimanan. Penekanan pada proses ini adalah bagaimana pendidikan memberikan kebebasan kepada anak didik untuk menjadi mandiri. Pendidikan dalam hal ini lebih ditekankan pada aspek anak didik. Konsep pendidikan Islam Al-Mawardi sangat relevan dengan pendidikan masa kini, hal ini dengan meliat pendidikan saat ini yang mengalami kemerosotan mengenai akhlak, karena hanya berfokus pada kecerdasan dan intelektualnya tanpa diimbangi dengan nilai-nilai akhlak yang mulia, sedangkan konsep pendidikan Islam Al-Mawardi menghendaki proses tersebut dapat menghasilkan output pendidikan yang memiliki kekuatan sepiritual keagamaan, pengendalian diri, kecerdasan serta akhlak mulia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Konsep pendidikan, Kitab Adab Ad-Dunya Wa Ad-Din, Islamic education, Educational management
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 26 Sep 2023 07:08
Last Modified: 26 Sep 2023 07:08
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/26367

Actions (login required)

View Item
View Item