Muhammad, Rifki Mustofa and Lu’luil, Maknun and Heny, Kusmawati (2023) Strategi pembelajaran kurikulum merdeka di SMPN 1 Tambakromo. Journal of Student Research (JSR), 1 (1): 20. pp. 265-270. ISSN 2963-9859
2963-9859_1_1_2023-20.pdf
Download (1MB) | Preview
Abstract
Berbagai studi nasional maupun internasional menunjukkan bahwa Indonesia telah mengalami krisis pembelajaran (learning crisis) yang sangat cukup lama. Studi-studi tersebut menunjukkan bahwa banyak dari anak-anak Indonesia yang sangat tidakmampu memahami bacaan sederhana atau menerapkan konsep matematika dasar. Temuan itu juga juga memperlihatkan kesenjangan pendidikan yang curam di antarwilayah dan sekelompok sosial di Indonesia. Kurikulum menentukan materi yang digunakan untuk diajarkan di kelas. Kurikulum juga sangat mempengaruhi terhadap kecepatan dan metode mengajar yang digunakan guru untuk memenuhi kebutuhan peserta didik. Untuk itulah Kemendikbudristek mengembangkan Kurikulum Merdeka sebagai bagian penting dalam upaya memulihkan pembelajaran dari krisis yang sudah lama kita alami. Penelitian ini menggunakan metode wawancara kepada guru yang mengajar kurikulum merdeka di SMP N 1 Tambakromo dan metode observasi secara langsung saat kegiatan pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka. Kurikulum sendiri perlu berbubah agar relevan dengan perkembangan zaman saat ini dan dapat memenuhi kebutuhan belajar murid agar tercipta generasi mendatang yang cemerlang.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Pembelajaran, Kurikulum, Merdeka, Learning methods, Curriculum, Learning processes |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Een Rohaeni |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 05:24 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 05:24 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/26340 |