Strategi pembelajaran sains anak usia dini

Hanik, Mutma'inah and Muhammad, Ainun Najib and Heny, Kusmawati (2023) Strategi pembelajaran sains anak usia dini. Journal of Student Research (JSR), 1 (1): 19. pp. 249-264. ISSN 2963-9859

[thumbnail of 2963-9859_1_1_2023-19.pdf]
Preview
Text
2963-9859_1_1_2023-19.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Anak merupakan pembelajar aktif yang membangun pengetahuannya sendiri. Penanaman konsep pada anak dilakukan secara menyenangkan dengan melibatkan dan mengikut sertakan anak dalam kegiatan tersebut. Hal ini dilakukan agar mudah diingat dan dipahami anak. Pembelajaran sain merupakan salah satu cara penanaman konsep sederhana pada anak. Pengenalan sain pada anak ditekankan pada proses dari pada produk. Sains juga melatih anak menggunakan lima inderanya untuk mengeksplosasiterhadap berbagai kejadian maupun benda. Namun kenyataannya, masih banyak guru belum mampu menerapkan pembelajaran sains sederhana untuk menanamkan konsep pada anak. Guru kebanyakan hanya memberi lembar kerja siswa untuk kegiatan pembelajaran. Hal ini menyebabkan pembelajaran yang dilakukan pada anak kurang menarik dan sulit untuk diingat. Penulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran sains sederhana bagi anak usia dini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran, Sains, Anak usia dini, Sciences, Early childhood, Learning methods, Learning strategies
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 26 Sep 2023 05:33
Last Modified: 26 Sep 2023 05:33
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/26339

Actions (login required)

View Item
View Item