Nilai Edukatif Dalam Film Dua Garis Biru Karya Gina S. Noer

Sintya, Putri Wulandari and Albertus, Purwaka and Patrisia, Cuesdeyeni and Linggua, Sanjaya Usop and Alifiah, Nurachmana (2023) Nilai Edukatif Dalam Film Dua Garis Biru Karya Gina S. Noer. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 1 (1). pp. 220-229. ISSN 2962-1232

[thumbnail of Atmosfer]
Preview
Text (Atmosfer)
2962-1232_1_1_2023-18.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai edukatif dalam film Dua Garis Birukarya Gina S. Noer. Masalah yang digali dalam penelitian ini adalah nilai edukatif dengan wujud nilai edukatif yang meliputi (1) nilai religius, (2) nilai kejujuran, (3) nilai ketangguhan, (4) nilai kepedulian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriftif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan nilai-nilai edukatif dalam film Dua Garis Biru karya Gina S. Noer. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan pengumpulandata dengan metode simak dan catat, mengidentifkasi data, mengklasifikasi data, menganalisis data, dan mendeskripsikan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai edukatif yang terdapat dalam film Dua Garis Biru karya Gina S. Noer dengan beberapa wujud nilai adalah sebagai berikut (a) nilai edukatif kejujuran dalam film merupakan yang paling dominan terdapat 15 wujud nilai kejujuran. (b) nilai edukatif ketangguhan dalam film menunjukkan 15 wujud nilai ketangguhan. (c) nilai edukatif kepeduliaan dalam film menunjukkan 13 wujud nilai kepeduliaan. (d) nilai edukatif religius dalam film menunjukkan 8 wujud nilai religius.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: nilai, edukatif, film
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Ni Nyoman Mei Antari
Date Deposited: 27 Feb 2025 02:38
Last Modified: 27 Feb 2025 02:38
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/26261

Actions (login required)

View Item
View Item