Analisis kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Saintifik di MTS Al- Washliyah Sei Mencirim

Nanda, Elika Rahim and Muliawan, Firdaus (2023) Analisis kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Saintifik di MTS Al- Washliyah Sei Mencirim. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 1 (1). pp. 52-61. ISSN 2962-1232

[thumbnail of Atmosfer]
Preview
Text (Atmosfer)
2962-1232_1_1_2023-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al Washliyah Sei Mencirim mengalami kesulitan belajar dalam mengikuti pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik yang dikenalkan oleh kemendikbud dalam Kurikulum 2013. Permasalahan tersebut membuat peneliti tertarik melakukan penelitian lebih lanjut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penyebab siswa mengalami kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif. Data diperoleh dengan melakukan observasi, penyebaran angket, dan wawancara. Instrumen penelitian yang dipakai adalah angket guru dan siswa, lembar observasi pembelajaran dan aktivitas siswa di kelas, serta pedoman wawancara guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bentuk kesulitan belajar siswa kelas VIII yang muncul dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar dengan pendekatan saintifik adalah siswa kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar, kesulitan dalam menanya persoalan bangun ruang sisi datar, kesulitan dalam mencoba terkait menyelesaikan soal dalam bentuk penalaran dan kesulitan dalam menyimpulkan materi yang sudah dipelajari. Penyebab munculnya kesulitan belajar dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar dengan pendekatan saintifik karena kesulitan yang disebabkan oleh guru seperti: (1) guru kurang mengarahkan siswa agar dapat bertanya dan menyimpulkan, (2) guru tidak mempersiapkan pelaksanaan tahapan mengamati dengan baik dengan perolehan persentase 40%, (3) persoalan penalaran yang diberikan terbilang sulit, (4) kurangnya keterampilan dan pemahaman guru dalam menjalankan proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan perolehan persentase 40% dan kesulitan yang muncul dari diri siswa sendiri seperti: (1) kurangnya kesadaran siswa untuk belajar dan mau mengikuti proses pembelajaran, (2) perasaan takut yang dominan muncul, (3) siswa mengalami gangguan bahasa, (4) siswa mengalami gangguan mengingat, (5) siswa mengalami gangguan penalaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Kesulitan Belajar, Pembelajaran matematika
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Ni Nyoman Mei Antari
Date Deposited: 26 Feb 2025 06:33
Last Modified: 26 Feb 2025 06:33
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/26173

Actions (login required)

View Item
View Item