Agisna, Maulana and Nasywaa, Nuur and Edelweis, Yuniar and Indah, Retnowati and Ahmad, Fuadin (2023) Analisis kesulitan siswa dalam memahami konsep dan menyelesaikan soal Aljabar. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 1 (1). pp. 22-33. ISSN 2962-1232
2962-1232_1_1_2023-3.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kesulitan dalam mempelajari dan menyelesaikan soal Aljabar yang dialami oleh Siswa kelas VII SMP Negeri 7 Cimahi. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini merupakan lima orang Siswa kelas VII H yang dipilih secara acak. dan guru yang bersangkutan Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis, tes angket dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan berbagai Kesulitan yang dialami oleh Siswa beserta faktor yang menyebabkan. Kesulitan tersebut antara lain Kesulitan dalam mengidentifikasi koefisien, menentukan suku sejenis, dan melakukan berbagai operasi hitung pada bentuk Aljabar. Adapun faktor penyebab Kesulitan Siswa terbagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan eskternal. Faktor internalnya yaitu Siswa kurang memahami konsep dan kurang menguasai operasi hitung pada bilangan bulat, sedangkan faktor eksternalnya yaitu kurangnya Minat, bakat serta motivasi Siswa dalam mempelajari Aljabar.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Aljabar, Kesulitan, Minat, Siswa |
| Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
| Depositing User: | Ni Nyoman Mei Antari |
| Date Deposited: | 26 Feb 2025 04:15 |
| Last Modified: | 26 Feb 2025 04:15 |
| URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/26146 |


Dimensions
Dimensions