Upaya peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model discovery learning pada materi tumbuhan kelas IV SD Negeri Surusunda 01 Karangpucung

Ririn, Priyadi and Devy, Riri Yuliani and Alfi, Mukhlis Kurniawan (2021) Upaya peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model discovery learning pada materi tumbuhan kelas IV SD Negeri Surusunda 01 Karangpucung. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1 (3). pp. 122-137. ISSN 2809-7181

[thumbnail of Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan]
Preview
Text (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan)
2809-7181_1_3_2021-12.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (807kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar IPA melalui penerapan model discovery learning pada materi tumbuhan kelas VI SD Negeri Surusunda 01 Karangpucung. Peneliti ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktifitas dan hasil belajar IPA peserta didik kelas VI SD Negeri Surusunda 01 Karangpucung.

Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SD Negeri Surusunda 01 Karangpucung yang berjumlah 18 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas (Celassroom Action Research). Desen peneliti yang digunakan adalah model Discovery Learning yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, setelah refleksi. Instumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, soal individu dan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskritif kualitatif dan kuantitatif.

Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I pertemuan I aktifitas peserta didik menujukkan 58% dengan nilai rata-rata sebesar 74, pertemuan II menunjukan 75% dengan nilai rata-rata sebesar 85. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus I yaitu pada aspek orentasi, merumusan hipotesis sederhana, dan merumuskan kesimpulan, aktifitas peserta didik mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus II penemuan I aktifitas peserta didik menujukan 58% dengan nilai rata-rata sebesar 74, dan pertemuan II menunjukan 75% dengan nilai rata-rata sebesar 85. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar IPA di kelas VI SD Negeri Surusunda 01 Karangpucung. Peningkatan aktifitas peserta didik, merumuskan hipotesis sederhana, mengumpulkan data, dan merumuskan kesimpulan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Discoveri learning, hasil belajar, Sekolah Dasar
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Ni Nyoman Mei Antari
Date Deposited: 26 Feb 2025 01:39
Last Modified: 26 Feb 2025 01:39
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/25809

Actions (login required)

View Item
View Item