Nur, Rahmi and Febri, Isnawati (2021) Upaya meningkatkan minat belajar peserta didik dengan menggunakan media gambar materi siklus air pada mata pelajaran IPA Kelas V SDN Sindangbarang 05. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1 (3). pp. 110-121. ISSN 2809-7181
2809-7181_1_3_2021-11.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (821kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik denganmenggunakan media gambar materi siklus air mata pelajaran IPA kelas V SDNSindangbaran 05. Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar pesertadidik, hal ini terlihat dari sedikitnya peserta didik yang memperhatikan dan aktifketika proses pembelajaran. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VSDN Sindangbarang 05. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(ClasroomActionResearch).Terdiridari2siklus,setiapsiklusdilaksanakan2kalipertemuan.Setiapsiklusterdiridariperencanaantindakan,pelaksanaantindakan, pengamatan dan refleksi terhadap tindakan. Berdasarkan hasil analisisangket minat belajar peserta didik dalam penelitian ini menunjukkan 57%. SetelahdilakukanperbaikanpadasiklusIminatbelajarpesertadidikmengalamipeningkatan. Berdasarkan hasil analisis pada siklus II minat belajar peserta didikmeningkatsebanyak24%sehinggamenjadi81%.Darihasilpenelitianmenunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media gambardapat meningkatkan minat belajar peserta didik materi siklus air mata pelajaranIPAkelas VSDNSindangbarang05.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar, Media Gambar, Sekolah Dasar |
| Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
| Depositing User: | Ni Nyoman Mei Antari |
| Date Deposited: | 26 Feb 2025 01:37 |
| Last Modified: | 26 Feb 2025 01:37 |
| URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/25769 |


Dimensions
Dimensions