Pengaruh strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 064954 Kota Medan

Siti, Aisyah Hanim (2021) Pengaruh strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 064954 Kota Medan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1 (3). pp. 39-54. ISSN 2809-7181

[thumbnail of Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan]
Preview
Text (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan)
2809-7181_1_3_2021-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia di SD Negeri 064954 Medan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan belajar bahasa Indonesia peserta didik yang diajarkan dengan perbedaan hasil belajar peserta didik yang memiliki gaya belajar auditori, visual dan kinestetik; untuk mengetahui interaksi antara Strategi Pembelajaran dengan Gaya Belajar peserta didik dalam mempengaruhi hasil belajar bahasa Indonesia. PopulasiPenelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini berjumlah 90 orang yang terdiri dari 30 dari kelas Va dan 30 dari kelas Vb dan 30 dari kelas V c SD Negeri 064954 Kota Medan.Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster randomsampling. Sampel penelitian terdiri dari 60 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran PBL dengan siswa yang diajarkandengan strategi pembelajaran ekspositori. Hal ini terlihat dari hasil ANAVA bahwa adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan yaitu rata-rata 84,00 pada kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata 75,33 dibandingkan kelas kontrol. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik yang memiliki gaya belajar auditori dan visual, hal ini terlihat dari hasil ANAVA bahwa rata-rata 88,18 pada visual lebih tinggin dari rata-rata82,73 pada auditori. (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadaphasil belajar bahasa Indonesiasiswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Bahasa Indonesia, Strategi Pembelajaran,danGaya Belajar
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Ni Nyoman Mei Antari
Date Deposited: 26 Feb 2025 00:41
Last Modified: 26 Feb 2025 00:41
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/25653

Actions (login required)

View Item
View Item