Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis IT untuk pengoptimalan pembelajaran di MTs Hidayatul Muta’alimin Ds. Sumbercangkring Kecamatan Gurah

Umi, Mahdiyah and Patmi, Kasih and Dwi, Bagus Arianto (2021) Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis IT untuk pengoptimalan pembelajaran di MTs Hidayatul Muta’alimin Ds. Sumbercangkring Kecamatan Gurah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 1 (1): 3. pp. 14-19. ISSN 2828-5646

[thumbnail of 2828-5646_1_1_2021-3.pdf]
Preview
Text
2828-5646_1_1_2021-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (291kB) | Preview

Abstract

Pandemi covid 19 memberikan dampak disemua bidang salah satunya yaitu bidang pedidikan. Dampak utama bidang pendidikan yaitu siswa harus belajar dirumah dengan sistem belajar jarak jauh, hal ini menjadi kesulitan tersendiri bagi guru dan siswa bagi sekolah kejuruan yang memiliki mata pelajaran produktif. Profesional guru benar-benar di uji di masa pandemi saat ini, dimana kompetensi siswa harus tetap meningkat walau dengan sistem pembelajaran yang berbeda. Guru-guru pada MTs Hidayatul Muta’allimin belum terbiasa dengan pembelajaran jarak jauh, sehingga yan dilakukan selama ini adalah membuat grub WA untuk menyampaikan tugas dari dan mengumpulkan tugas dari mahasiswa. Sehingga pembelajaran terasa tidak bermakna. Tujuan kegiatan PKM ini adalah: 1) memberikan pelatihan bagi guruguru untuk membuat media pembelajaran berbasis IT yang komunikatif; 2) melakukan pelatihan sosialisasi pembelajaran online yang mudah dilakukan dan komunikatif; 3) mencetak guru yang lebih profesional dan berkompeten. Berdasarkan hasil evaluasi, para peserta sangat antusias dan merasa banyak ilmu baru yang didapat dari hasil pelatihan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pandemi, Pelatihan, Media Pembelajaran, IT
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Syifa Naufal Qisty
Date Deposited: 22 Apr 2025 00:43
Last Modified: 22 Apr 2025 00:43
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/25561

Actions (login required)

View Item
View Item