Alimin, Hamzah and Muh., Ilham Aksir and Andi, Atssam Mappanyukki (2022) Analisis textbook olahraga di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dari tinjauan perspektif gender. Gerak: Journal of Physical Education, Sports, and Health, 2 (2): 4. pp. 62-66. ISSN 2828-5433
2828-5433_2_2_2022-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (990kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari studi ini adalah untuk memeriksa bagaimana gender diberlakukan dalam textbook yang digunakan di sekolah menengah pertama (SMP) pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani. Pada penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan desain studi kasus yang mana digunakan untuk mengkaji realita social dan dibutukan eksplorasi secara mendalam.Penelitian ini dilakukan di salah satu kota di Indonesia dengan melibatkan 4 sekolah. Wawancara semi-terstruktur digunakan untuk mengumpulkan data dengan jumlah partisipan 4 guru olahraga yang mengajar menggunakan textbook tersebut. Pada proses wawancara kami merekam sehingga dapat diputar berulang kali agar dapat dianalisis. Temuan dari riset ini mengungkapkan bahwaterjadi bias gender di sekolah-sekolah di Indonesia dengan berpedoman pada textbook tersebut. Adapun saran dalam penelitian ini, sebaiknya pemerintah menyusun ulang textbook olahraga berdasarkan kajian anatomi dan fisiologi sehingga para siswa menerima hak yang sama untuk mengeksplor dirinya dalam bidang keolahragaan dan peluang untuk melahirkan atlet yang berbakat tidak hanya pada siswa laki-laki tetapi juga kepada siswa perempuan.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Analisis, Text book, Gender |
| Subjects: | Health Resources > Health Education & Manpower Training |
| Depositing User: | Syifa Naufal Qisty |
| Date Deposited: | 22 Apr 2025 00:41 |
| Last Modified: | 22 Apr 2025 00:41 |
| URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/25523 |


Dimensions
Dimensions