Efektifitas pembelajaran jarak jauh terhadap kemandirian belajar melalui motivasi belajar

Fiqih, Maria Rabiatul Hariroh and Erin, Soleha and Muhammad, Kosim (2022) Efektifitas pembelajaran jarak jauh terhadap kemandirian belajar melalui motivasi belajar. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan, 2 (1). pp. 109-116. ISSN 2809-9427

[thumbnail of Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan]
Preview
Text (Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan)
2809-9427_2_1_2022-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (361kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris motivasi belajar memediasi pembelajaran jarak jauh terhadap kemandirian belajar mahasiswa. Data penelitian dalam penelitian ini menggunakan data primer yang berasal dari kuesioner lalu diolah dan dianalisis kemudian disajikan dalam bentuk tabel dan narasi. Sampel yang digunakan ialah 100 responden yang diambil dari populasi mahasiswa Manajemen Universitas Pelita Bangsa Tahun Semster II. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran jarak jauh mempunyai pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar, pembelajaran jarak jauh mempunyai pengaruh signfikan terhadap kemandirian belajar, motivasi belajar mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar dan variabel motivasi belajar mempunyai pengaruh positif dan signifikan sebagai variabel yang memediasi pembelajaran jarak jauh terhadap kemandirian belajar mahasiswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Jarak Jauh, Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar
Subjects: Administration & Management
Depositing User: Ni Nyoman Mei Antari
Date Deposited: 24 Feb 2025 07:27
Last Modified: 24 Feb 2025 07:27
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/25406

Actions (login required)

View Item
View Item