Lu’luil, Muniroh and Syamsul, Ghufron and Muhammad, hamrin Hidayat and Suharmono, Kasiyun (2022) Pengaruh model pembelajaran di luar kelas terhadap hasil belajar siswa kelas III dalam menulis laporan di UPT SDN 177 Gresik. The Journal of System Engineering and Technological Innovation, 1 (2): 3. pp. 48-54. ISSN 2828-4003
2828-4003_1_2_2022-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (250kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini difokuskan pada permasalahan hasil belajar siswa kelas III UPT SDN 177 Gresik dalam menulis laporan yang tergolong rendah dengan menerapkan model pembelajaran di luar kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 27 siswa, yaitu 9 laki-laki dan 18 perempuan. Sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling penuh. Hasil penelitian yang diperoleh didasarkan pada nilai rata-rata siswa yang meningkat dan hasil uji paired sample t-test. Hasil penelitian ini terbukti meningkat dari nilai rata-rata siswa 58,89 meningkat menjadi 83,52 serta uji paired sample t-test bahwa nilai thitung lebih besar daripada ttabel (th= 4,825 > tt=1,7033), dengan kata lain H1 diterima dan H0 ditolak.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran di luar kelas, Hasil belajar, Laporan |
| Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
| Depositing User: | Syifa Naufal Qisty |
| Date Deposited: | 17 Feb 2025 02:05 |
| Last Modified: | 17 Feb 2025 02:05 |
| URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/25245 |


Dimensions
Dimensions