Priskila, Ditya Mediawati (2022) Ruang ketiga sebagai upaya pendidikan Kristiani bagi generasi Z dalam konteks budaya populer. Aradha: Journal of Divinity, Peace and Conflict Studies, 2 (1): 1. pp. 1-17. ISSN 2774-8588
2774-8588_2_1_2022-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (837kB) | Preview
Abstract
Artikel ini ditulis berdasarkan pengamatan penulis terhadap generasi Z, yang pada masa kini menjadi salah satu generasi yang dekat dengan budaya populer. Budaya populer yang dimaksudkan pada tulisan ini secara spesifi k mengarah pada ide ruang ketiga, seperti budaya nongkrong. Gagasan ruang ketiga oleh Keith Anderson akan memberikan gambaran yang akan membantu dalam membangun pendidikan Kristiani terutama bagi generasi Z yang memiliki karakteristik berbeda dengan generasi sebelumnya. Oleh karena itu, dalam tulisan ini penulis tidak melihat budaya populer sebagai hal yang harus dihindari oleh gereja, melainkan sesuatu yang melaluinya gereja bisa memiliki peluang untuk menjangkau generasi Z. Teologi inkarnasi juga menopang gagasan ini yang membuka pemahaman umum, baik kepada tenaga pelayan atau pendidik maupun jemaat di gereja, bahwa pendidikan Kristiani tidak selalu berada di gereja saja, namun justru harus hadir di tengah dunia. Di samping itu gereja juga tetap memerlukan sikap terbuka, kritis, dan kontekstual untuk berdialog dengan budaya populer. Gereja sebagai komunitas iman tidak bisa langsung menerapkan begitu saja semua bentuk budaya populer. Gereja harus tetap memiliki respon yang terbuka, namun juga bertanggung jawab secara teologis.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Generasi Z, Pendidikan Kristiani, Ruang ketiga, Christian, Generation Z, Education (Christian theology), Popular culture |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Social and Political Sciences > Social Concerns |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 03:16 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 03:16 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/25183 |