Digitaliasi UMKM dengan penguatan e-commerce Shopee pada UMKM Kecamatan Wonokromo Kota Surabaya

Mia, Ika Rahmawati and Lilis, Ardini and Marsudi, Lestariningsih and Wiwiek, Srikandi Shabrie (2022) Digitaliasi UMKM dengan penguatan e-commerce Shopee pada UMKM Kecamatan Wonokromo Kota Surabaya. Mafaza: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2 (2): 5. pp. 35-42. ISSN 2809-5650

[thumbnail of 2807-8586_2_2_2022-5.pdf]
Preview
Text
2807-8586_2_2_2022-5.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview

Abstract

Pemasaran produk hasil Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan menggunakan kanal digital dimaksud dengan istilah “Digitalisasi UMKM”. Sekarang jauh lebih mudah bagi para pemain komersial untuk memasarkan dan menjual barang dagangan mereka melalui media internet di era teknologi yang semakin canggih ini. Digitalisasi usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang beralih ke pola penjualan online melalui marketplace menjadi pilihan nyata bagi UMKM untuk tetap bertahan dan menopang perekonomian Indonesia di era pandemi Covid-19 saat ini. Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan memberikan Pelatihan digitalisasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melalui e-commerce Shopee pada pelaku UMKM Kecamatan Wonokromo Kota Surabaya. Target Khusus dalam kegiatan Pelatihan digitalisasi UMKM adalah dihasilkannya: 1) Program dalam peningkatan penjualan online; dan 2) Program dalam pemasaran secara digital. Semua pelaku UMKM secara langsung mempraktekkan mulai dari membuat Akun di Shopee hingga membuka toko di Shopee. Adapun kendala hanya di jaringan internet yang tidak stabil pada saat akan meng-upload produknya. Dengan bantuan pelatihan digitalisasi untuk UMKM ini, akan muncul komunitas wirausaha yang kreatif dalam proses pemasaran, mandiri, dan peka terhadap kebutuhan pasar. Akibatnya, komunitas ini akan memiliki dampak yang bermanfaat bagi masyarakat dan juga lingkungan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Digitalisasi, UMKM, E-Commerce, Shopee, Pemasaran digital, Small scale enterprises, Marketing techniques, Electronic commerce, Digitalization
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Economics and Business
Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Economics and Business > Minority Enterprises
Depositing User: - Rahmahwati -
Date Deposited: 13 Aug 2024 08:55
Last Modified: 13 Aug 2024 08:55
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/25175

Actions (login required)

View Item
View Item