Peningkatan keterampilan membaca paragraf berbasis matematika melalui teknik tes pilihan ganda menggunakan media alternatif

Sa’adah, Sa’adah (2023) Peningkatan keterampilan membaca paragraf berbasis matematika melalui teknik tes pilihan ganda menggunakan media alternatif. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (Jurnal Pembahas), 2 (2). pp. 1-10. ISSN 2809-5367

[thumbnail of Jurnal_Sa’adah_SDN 005 Pulau Palas Tempuling Indragiri-2023-7.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Sa’adah_SDN 005 Pulau Palas Tempuling Indragiri-2023-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (157kB) | Preview

Abstract

Keterampilan membaca paragraf faktual diyakini paling penting dibandingkan dengan keterampilan menulis paragraf itu sendiri. Kondisi ini dilihat dari sisi pentingnya menerima ilmu dibandingkan dengan mengajarkan ilmu yang diperoleh dari bacaan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca paragraf bertopik matematika. Penelitian dilaksanakan di awal semester genap tahun ajaran 2022/2023. Siswa kelas 6 SD yang belum terampil membaca paragraf berbasis matematika yang berjumlah 7 dari 12 siswa merupakan subjek penelitian tindakan kelas ini. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan 4 prosedur yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan prosedur refleksi. Instrumen penelitian ini: 1) tes pilihan ganda membaca paragraf bertopik matematika; 2) media alternatif yakni LKPD berisi tes pilihan ganda sebagai teknik pembelajaran; 3) RPP keterampilan membaca paragraf bertopik matematika melalui teknik tes pilihan ganda; 4) alat rekam yakni HP Android untuk mengumpulkan data kegiatan siswa dan guru dalam proses pembelajaran pelaksanaan tindakan untuk prosedur observasi per siklus penelitian tindakan kelas. Data keterampilan membaca paragraf bertopik matematika dianalisis menggunakan statistik deskriptif yakni mean sedangkan data proses pembelajaran dianalisis secara tematik. Sebanyak 4 siswa tuntas dalam pembelajaran di siklus-1 sedangkan untuk siklus 2 sebanyak 4 siiswa pada KKM 80,00.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keterampilan membaca, Paragraf berbasis matematika, Teknik tes pilihan ganda, Media alternatif, Writing skills, Indonesian language, Mathematics education, Paragraph
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language
Depositing User: Putu Indra Widiartha
Date Deposited: 13 Aug 2024 06:57
Last Modified: 13 Aug 2024 06:57
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/25165

Actions (login required)

View Item
View Item