Upaya meningkatkan keterampilan menulis daftar perkalian melalui pendekatan keterampilan proses berbasis teknik tes individual

Bungawati, Bungawati (2023) Upaya meningkatkan keterampilan menulis daftar perkalian melalui pendekatan keterampilan proses berbasis teknik tes individual. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (Jurnal Pembahas), 2 (2). pp. 1-12. ISSN 2809-5367

[thumbnail of Jurnal_Bungawati_SDN 002 Pulau Kijang Reteh Indragiri-2023-5.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Bungawati_SDN 002 Pulau Kijang Reteh Indragiri-2023-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (201kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis daftar perkalian melalui pendekatan keterampilan proses menggunakan teknik tes. Penelitian ini berlangsung di kelas 4 SD Negeri 002 Pulau Kijang, Kecamatan Reteh, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Penelitian dilaksanakan di semester genap tahun ajaran 2022/2023. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan 4 prosedur yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan prosedur refleksi. Para siswa kelas 4 SD yang belum terampil menulis daftar perkalian sejumlah 11 dari 24 siswa merupakan subjek penelitian tindakan kelas ini. Instrumen penelitian ini: 1) media khusus yakni LKPD berisi 4 halaman kertas A4 ukuran huruf 12 times new roman 2 kolom; 2) RPP keterampilan menulis daftar perkalian melalui pendekatan keterampilan proses menggunakan teknik tes; 3) alat rekam yakni HP Android untuk mengumpulkan data kegiatan siswa dan guru dalam proses pembelajaran pelaksanaan tindakan untuk prosedur observasi per siklus penelitian tindakan kelas; 4) instrumen tes unjuk kerja yang berisi satu soal tentang menulis daftar perkalian bilangan bulat 1-15 dengan bilangan bulat 7. Data keterampilan menulis daftar perkalian bagi siswa kelas 4 dianalisis menggunakan statistik deskriptif yakni mean, median, dan modus sedangkan data proses pembelajaran dianalisis secara tematik. Sebanyak 9 siswa tuntas dalam pembelajaran di siklus-1 sedangkan untuk siklus 2 sebanyak 4 siiswa pada KKM 80,00.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis, Daftar perkalian, Pendekatan keterampilan proses, Teknik tes individual, Mathematics education, Primary schools, Writing skills
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language
Depositing User: Putu Indra Widiartha
Date Deposited: 13 Aug 2024 06:38
Last Modified: 13 Aug 2024 06:41
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/25058

Actions (login required)

View Item
View Item