Dirga, Walingkas and Jhon, R. Wenas and Victor, R. Sulangi (2022) Kesalahan siswa menyelesaikan masalah pada materi himpunan; studi kualitatif pada siswa SMP Negeri 1 Tompaso Baru. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1 (4). pp. 130-141. ISSN 2962-0864
2962-0864_1_4_2022-15.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Dalam pembelajaran matematika khususnya materi himpunan siswa sering melakukan berbagai kesalahan dalam menyelesaikan soal yang diberikan. Studi ini dilakukan untuk mengetahui berbagai kesalahan yang dilakukan siswa pada saat mengerjakan soal terkait materi himpunan. Jenis kesalahan yang difokuskan pada penelitian ini adalah kesalahan dalam memahami masalah, Menyusun rencana pemecahan masalah, melakukan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali solusi yang diperoleh. Penelitian itu tergolong penelitian deskriptif, dengan jumlah populasi sebayak 20 siswa, dan diambil sampel 3 orang dan dijadikan sebagai subjek penelitian. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis, diperoleh kesimpulan bahwa kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan Masalah pada pokok bahasan himpunan yaitu: (a) kesalahan dalam memahami masalah yaitu 60% (b) Kesalahan menyusun rencana yaitu
61% (c) kesalahan melaksanakan rencana yaitu 52% (d) Kesalahan dalam memeriksa kembali solusi yang diperoleh 52%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis kesalahan, Menyelesaikan masalah, Himpunan, Problem solving, Secondary school students, Learning methods, Mathematics education |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Ni Nyoman Mei Antari |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 03:22 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 03:22 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/25008 |