Supervisi kepala sekolah terhadap guru mata pelajaran untuk menyusun teks sequensial sebagai bahan ajar membaca

Erlina, Erlina (2022) Supervisi kepala sekolah terhadap guru mata pelajaran untuk menyusun teks sequensial sebagai bahan ajar membaca. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (Jurnal Pembahas), 1 (6). pp. 1-12. ISSN 2809-5367

[thumbnail of Jurnal_Erlina_SMPN 2 Tanah Merah Inhil Riau_2023-3.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Erlina_SMPN 2 Tanah Merah Inhil Riau_2023-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini tindakan sekolah ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan supervisi klinik kepala sekolah terhadap guru mata pelajaran untuk penyusunan teks sequensial sebagai bahan ajar menulis paragraf per mata pelajaran. Penelitian ini tindakan sekolah ini berlangsung di pertengahan semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 di SMP Negeri 3 Tanah Merah, Kuala Enok, Kabupaten Indragiri Hilir, Povinsi Riau. Subjek penelitian ini adalah para guru bidang studi. Mereka berjumlah 8 guru mata pelajaran. Instrumen penelitian tindakan sekolah ini adalah LKG (Lembar Kegiatan guru). LKG ini berisi pedoman dan sekaligus contoh penyusunan teks sequensial. Paragraf yang disusun bertopik selaras dengan mata pelajaran mereka masing-masing. Instrumen lainnya dalam kegiatan supervisi klinik kepala sekolah terhadap guru mata pelajaran adalah kuesioner yang berisi pertanyaan tentang kelancaran guru yang disupervisi untuk menyusun teks sequensial. Data penyusunan teks sequensial dalam penelitian ini dianalisis secara kualitiatif dan data kelancaran kegiatan supervisi menurut perspersi peserta dianalisis menggunakan statistik deskriptif yakni ukuran frekuensi dan persen dengn prinsip modus. Semua peserta dapat menghasilkan teks sequensial sebagai bahan ajar penulisan paragraf per bidang studi masingmasing melalui penilaian progresif minimal kategori baik. Semua guru menyatakan bahwa kegiatan supervisi klinik kepala sekolah tentang penyusunan teks sequensial berjalan sangat lancar. Hasil pertama penelitian tindakan sekolah ini bermanfaat bagi guru bidang studi untuk digunakan dalam pembelajaran di bidang studi masing-masing melalui teknik tes teks sequensial.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Supervisi kepala sekolah, Guru bidang studi, teks sequensial, Bahan ajar membaca, Teaching materials, Supervision, Competency based teaching
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language
Depositing User: Putu Indra Widiartha
Date Deposited: 14 Aug 2024 06:12
Last Modified: 14 Aug 2024 06:12
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24998

Actions (login required)

View Item
View Item