Tumafto, Naufal Handifakhri Putra Mulyanto and Nono, Hery Yoenanto (2022) Kesiapan guru menuju digitalisasi pendidikan di era merdeka belajar ditinjau dari komponen TPACK. Proceeding Series of Psychology, 1 (1): 30. pp. 281-289. ISSN 2986-1101
Prosiding_2023_TumaftoNaufalHandifakhriPutraMulyanto_281-289.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Salah satu program kerja dari Kemendikbudristek dalam kurikulum merdeka belajar adalah digitalisasi pendidikan yang mana tujuan utamanya adalah memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dalam berbagai aspek pengajaran. Oleh karena itu, guru perlu memiliki pemahaman mendalam untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran. TPACK adalah kerangka kerja dimana di dalamnya memuat integrasi antara komponen pedagogik, materi, dan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana kondisi pemahaman guru Indonesia di tiap jenjang pendidikan akan konsep TPACK dan mempelajari bagaimana kaitannya dengan kesiapan menuju digitalisasi pendidikan. Penelitian menggunakan metode systematic review dengan teknik analisa tematik. Hasil analisa menemukan bahwa guru-guru Indonesia pada tiap jenjang memiliki kemampuan yang baik pada ketiga komponen dasar dalam TPACK yakni komponen technological knowledge (TK), pedagogical knowledge (PK), dan content knowledge (CK). Kemampuan dasar ini dapat membantu guru menuju digitalisasi pendidikan di era merdeka belajar. Meskipun begitu, masih terdapat guru yang kesulitan dalam mengintegrasikan ketiga komponen tersebut secara bersamaan dalam pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TPACK, Digitalisasi pendidikan, Merdeka belajar, Educational policy, Curriculum, Digitalization, Teachers, Learning methods |
Subjects: | Problem Solving Information for State & Local Governments > Human Resources Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Sdr Atam Ependi |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 06:19 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 06:19 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/24991 |