Siti, Shalma Fitriah and Daliman, Daliman (2022) Efikasi diri dan konformitas teman sebaya terhadap perilaku menyontek pelajaran matematika siswa kelas ix. Proceeding Series of Psychology, 1 (1): 24. pp. 235-241. ISSN 2986-1101
Prosiding_2023_SitiShalmaFitriah_235-241.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Banyak orang menganggap bahwa proses penbelajaran di sekolah, semata-mata agar siswa mendapatkan nilai tinggi. Hal ini membuat siswa akhirnya melakukan hal-hal curang seperti berperilaku menyontek. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan konformitas teman sebaya dengan perilaku menyontek. Penelitian ini menggunakan kuantitatif korelasional, dengan populasi siswa kelas XI SMPN 25 Bandung. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling, pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan nilai F regresi sebesar 21,056, dengan p 0,000 < 0,05 pada R sebesar 0,552 dan varian efikasi diri dan konformitas teman sebaya dapat menjelaskan 30,49% dari varian perilaku menyontek siswa. Tidak terdapat hubungan antara efikasi diri dengan perilaku menyontek dan terdapat hubungan yang positif signifikan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku menyontek siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka pihak sekolah diharapkan dapat mempertahankan bahkan meningkatkan perilaku jujur dan percaya diri siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efikasi diri, Konformitas teman sebaya, Perilaku menyontek, Self-efficacy, Mathematics education, Cheating behavior |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Sdr Atam Ependi |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 07:42 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 07:42 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/24976 |