Perbandingan hasil belajar PAI menggunakan model pembelajaran discovery learning dan problem solving peserta didik kelas VII di UPTD SMP N 1 Kecamatan Suliki

Nonalisa, Nonalisa and Darul, Ilmi and Supriadi, Supriadi and Jasmienti, Jasmienti (2022) Perbandingan hasil belajar PAI menggunakan model pembelajaran discovery learning dan problem solving peserta didik kelas VII di UPTD SMP N 1 Kecamatan Suliki. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1 (4). pp. 74-82. ISSN 2962-0864

[thumbnail of Jurnal Pendidikan, Bahasa dan  Budaya]
Preview
Text (Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya)
2962-0864_1_4_2022-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membedakan hasil belajar PAI peserta didik kelas VII melalui model discovery learning dan problem solving di UPTD SMP Negeri 1 Kecamatan Suliki, serta untuk mengetahui pemilihan model yang sesuai pada materi Sholat Jama’ dan Shalat Qasar. Populasi penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas VII, dan sampelnya juga di ambil dari keseluruhan populasi. Sehingga diperoleh 2 kelas sampel, yaitu kelas VII.1 (model discovery learning) dan VII.2 (model problem solving).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar PAI Peserta didik kelas VII UPTD SMP Negeri 1 Kecamatan Suliki yang menggunakan model pembelajaran discovery learning yang terbanyak diperoleh oleh siswa siswa pada rentang nilai 77 sampai dengan
85 dengan frekuensi 9.Sedangkan yang menggunakan model pembelajaran problem solving dapat disimpulkan bahwa nilai yang terbanyak diperoleh oleh siswa siswa pada rentang nilai 55 sampai dengan 64 dengan frekuensi 7. Model discovery learning dan problem solving terdapat perbandingan hasil belajar dan juga dapat meningkatkan hasil belajar PAI peserta didik. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil analisis uji thitung. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 2,025 dan ttabel = 2,022. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar PAI peserta didik menggunakan model discovery learning dengan menggunakan model problem solving.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perbandingan, Model pembelajaran, Hasil belajar, Academic achievement, Learning models (stochastic processes), Discovery learning, Problem solving, Secondary education
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Ni Nyoman Mei Antari
Date Deposited: 28 Jul 2024 10:49
Last Modified: 28 Jul 2024 10:49
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24931

Actions (login required)

View Item
View Item