Michala, Michala and Siti, Munawaroh and Sri, Annisa (2023) Meningkatkan minat belajar anak usia dini pasca pandemi melalui total physical response. Acitya Bhakti, 3 (1): 5. pp. 40-48. ISSN 2797-4979
2797-4979_3_1_2023-5.pdf
Download (169kB) | Preview
Abstract
Program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilakukan selama masa pandemic membuat anak
tergantung pada gadget dan media pembelajaran daring, sehingga anak seolah memiliki kesulitan
kembali kepada metode pembelajaran konvensional dalam ruang kelas di masa pasca pandemi, yang
menyebabkan rendahnya minat belajar anak. Tujuan dari program ini adalah untuk dapat
meningkatkan minat belajar peserta didik serta mendayagunakan tenaga pendidik dan orang tua
peserta didik agar dapat mendampingi anak belajar dengan lebih efektif. Untuk itu diterapkan 3
program, yakni 1) menerapkan metode pembelajaran yang menyenangkan sekaligus praktek
microteaching di sekolah formal, 2) metode pembelajaran pendampingan pribadi di sekolah non�formal, serta 3) mengoptimalkan keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran melalui seminar pola asuh anak generasi alpha. Dalam pelaksanaan pembelajaran, peneliti menggabungkan
multimedia yang dipakai pada masa daring PJJ dengan kegiatan pembelajaran luring yang dilakukan
langsung di kelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan metode
tindakan (action research). Data dikumpulkan melalui observasi langsung ke lapangan, wawancara,
dan dokumentasi. Hasil yang didapat menyatakan bahwa ketiga program yang diterapkan terbukti
mampu meningkatkan minat belajar anak di masa pasca-pandemi, yang ditunjukkan dengan
antusiasme dan kecepatan respon peserta didik.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | pendidikan anak usia dini; pasca pandemi; metode pembelajaran |
| Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
| Depositing User: | - Dina - |
| Last Modified: | 10 Sep 2023 04:21 |
| URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/24893 |


