Sujadi, Imam and Budiyono, Budiyono and Kurniawati, Ira and Wulandari, Arum Nur and Andriatna, Riki and Puteri, Hanifa Alifia and Nurmalitasari, Aulia (2022) Kesulitan siswa Sekolah Menengah Pertama dalam menyelesaikan soal matematika Pisa-Like. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20 (2): 12. pp. 315-328. ISSN 2407-1803
Jurnal_Riki Andriatna_Universitas Sebelas Maret Surakarta_2022.pdf
Download (363kB) | Preview
Abstract
PISA merupakan program internasional yang diselenggarakan oleh OECD dengan tujuan mengevaluasi kemampuan anak usia 15 tahun pada membaca, matematika, dan sains. Penelitian termasuk dalam penelitian kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika PISA-Like. Sampel penelitian sebanyak 46 siswa SMP di Kota Surakarta yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian terdiri dari tes berupa soal matematika PISA-Like dan nontes berupa angket. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal PISA-Like. Beberapa hal yang menyebabkan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal PISA-Like, yaitu: kurangnya pemahaman siswa terhadap soal yang diberikan; stimulus soal yang panjang dan rumit; serta tidak mengetahui konsep matematika yang akan digunakan. Kurangnya pemahaman siswa terhadap soal karena belum terbiasa menghadapi soal PISA sehingga mengalami kebingungan menggunakan konsep matematika.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan siswa, Literasi matematika, PISA-Like, Problem children, Literacy methods, Teaching methods, Student difficulties, Mathematical literacy, Mathematics education |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Aullya - |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 12:24 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 12:24 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/24862 |