Penyusunan bahan ajar terpadu fokus Bahasa Indonesia: Supervisi klinik Kepala Sekolah terhadap guru kelas tinggi

Dewi, Rahmadayanti and Debora, Korining Tyas (2023) Penyusunan bahan ajar terpadu fokus Bahasa Indonesia: Supervisi klinik Kepala Sekolah terhadap guru kelas tinggi. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (Jurnal Pembahas), 2 (1). pp. 1-11. ISSN 2809-5367

[thumbnail of Jurnal_Dewi Rahmadayanti_SDN 17 Pontianak Kota_2023-6.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Dewi Rahmadayanti_SDN 17 Pontianak Kota_2023-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (130kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun bahan ajar terpadu fokus Bahasa Indonesia bagi guru kelas tinggi. Mata pelajaran lain yang menjadi panduan adalah Matematika dan IPS. Kegiatan penelitian tindakan sekolah ini dilakukan di awal semester genap tahun pelajaran 2021/2022 pola 16 jam pelajaran; 4 jam pelajaran untuk kegiatan pengantar teori dan 12 jam pelajaran untuk kegiatan pelatihan dalam rangka supervisi klinik. Subjek penelitian tindakan sekolah berbasis supervisi klinik ini adalah semua guru kelas tinggi SD Negeri 17 Pontianak Kota, Kabupaten Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. Mereka berjumlah 4 terbagi dari seorang per kelas terkecuali kelas 4 sebanyak 2 orang. Instrumen kegiatan ini adalah Lembar Kegiatan Guru (LKG) berisi pengetahuan tentang paragraf yang bertopik matematika dan IPS dan memuat bidang kosong untuk peserta mereproduksi paragraf faktual bertopik matematika dan IPS untuk bahan ajar terpadu. Instrumen lainnya adalah pedoman observasi untuk memperoleh data partisipasi guru kelas tinggi mengikuti program pelatihan mereproduksi paragraf faktual terpadu. Data partisipasi dianalisis secara tematik. Data bahan ajar berupa paragraf faktual dinalisis secara menggunakan validitas internal dan validitas eksternal melalui para penimbang per jenis kelayakan menurut desain atau spesifikasi dalam LKG. Hasil penelitian tindakan sekolah berbasis supervisi klinik kepala sekolah ini adalah semua paragraf untuk bahan ajar terpadu memenuhi kelayakan isi dan kelayakan bahasa. Temuan lainnya adalah tingginya partisipasi peserta guru kelas tinggi dalam kegiatan supervisi klinik kepala sekolah melalui teknik pelatihan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar terpadu, Fokus bahasa Indonesia, Supervisi klinik kepala sekolah, Teknik pelatihan, Clinical supervision, Teaching materials, Primary school principles, Indonesian language, Teaching methods
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language
Depositing User: Putu Indra Widiartha
Date Deposited: 26 Jul 2024 05:11
Last Modified: 26 Jul 2024 05:11
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24833

Actions (login required)

View Item
View Item