Menggunakan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatan proses pembelajaran tematik terpadu di Kelas IV SD Negeri 03 Alai Kec.Padang Utara Kota Padang

Sumiati, Sumiati (2022) Menggunakan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatan proses pembelajaran tematik terpadu di Kelas IV SD Negeri 03 Alai Kec.Padang Utara Kota Padang. Jurnal Pendidikan, 3 (1): 10. pp. 85-94. ISSN 2962-4568

[thumbnail of Jurnal_Sumiati_Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Sumiati_Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang_2022.pdf - Published Version

Download (925kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi proses pembelajaran tematik terpadu belum maksimal, guru belum melatih kemampuan berfikir anak untuk memecahkan masalah yang berhubungan dengan kehidupan nyata. Tujuan penelitian mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu menggunakan model problem based learning (PBL) di kelas IV SDN 03 Alai Kec. Padang Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek adalah guru dan siswa kelas IV SDN 03 Alai Kec. Padang Utara . Penelitian dilaksanakan secara kolaborasi antara peneliti dan guru kelas IV (observer). Penelitian terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Data penelitian berupa hasil pengamatan proses pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa dan guru. Prosedur penelitian meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/ observasi, dan (4) refleksi. Hasil dari penelitian meningkatkan: a) RPP siklus I 91,66% (SB) meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (SB). b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I 75,00% (C), meningkat pada siklus II menjadi 90,00% (B), c) pelaksanaan pada aspek siswa siklus I rata-rata 70,00% (C),meningkat pada siklus II rata-rata 87,5% (B). Dengan demikian, model Problem Based Learning (PBL) mampu meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD 03 Alai Kec. Padang Utara.

Item Type: Article
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 21 Nov 2024 08:08
Last Modified: 21 Nov 2024 08:08
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24774

Actions (login required)

View Item
View Item