Penerapan media scribe materi hak dan kewajiban warga negara untuk meningkatkan motivasi siswa kelas IV sekolah dasar

Noviardani, Kartika Prameswari (2019) Penerapan media scribe materi hak dan kewajiban warga negara untuk meningkatkan motivasi siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5 (1). pp. 84-91. ISSN 2442-9163

[thumbnail of Jurnal_Noviardani Kartika Prameswari_STKIP Bina Insan Mandiri_2019-11.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Noviardani Kartika Prameswari_STKIP Bina Insan Mandiri_2019-11.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (246kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena terdapat rendahnya motivasi belajar siswa kelas IV yang disebabkan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang digunakan untuk proses belajar mengajar oleh guru. Dengan adanya penerapan media pembelajaran scribe maka siswa lebih termotivasi untuk belajar di kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana pada penelitian ini terdapat dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi di setiap siklusnya. Sedangkan subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Kemudian teknik pengumpulan data
yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan observasi dan angket. Pada hasil observasi aktivitas guru diperoleh dari hasil siklus I dengan skor 41 dengan presentase 64,0% berkategori baik, dan siklus II skor menjadi 61 dengan presentase 95,3% berkategori sangat baik maka dengan demikian observasi aktifitas guru dikatakan meningkat, pada hasil observasi aktivitas siswa siklus I dengan skor 35 dengan presentase 58,3% berkategori cukup,
pada siklus II skor menjadi 57 dengan presentase 95,0% dengan kategori sangat baik. Oleh karena itu pada observasi aktifitas siswa dikatakan meningkat dengan menggunakan media scribe. Prosentase siswa yang memiliki motivasi belajar kategori baik dan sangat baik pada pra penelitian
mencapai 40,0% berkategori kurang, prosentase pada siklus I menjadi 70.0% yang mempunyai kategori baik sehingga terjadi peningkatan dari pra penelitian ke siklus I sebesar 30,0%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi sebesar 85,0% mempunyai kategori sangat baik, peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 15,0%. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa pada penerapan media scribe dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia kelas IV di SDN II Pasinan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media scribe, Materi siswa, Learning motivation, Primary education, Learning processes, Teaching materials, Learning media, Learning methods
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: I Made Budhi Gautama
Date Deposited: 19 Jul 2024 13:49
Last Modified: 19 Jul 2024 13:49
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24752

Actions (login required)

View Item
View Item