Nugroho, Sonny and Siregar, Denny and Sjarifudin, Didin and Muhendra, Rifki (2022) Analisis dan pengembangan strategi bisnis menggunakan metode value chain (studi kasus: PD. XYZ). JENIUS: Jurnal Terapan Teknik Industri, 3 (2): 6. pp. 114-122. ISSN 2722 3469
Jurnal_Sonny Nugroho_Universitas Bhayangkara Jakarta Raya_2022.pdf - Published Version
Download (582kB) | Preview
Abstract
Bisnis pakaian merupakan bidang bisnis yang menjanjikan dan memiliki daya tarik bagi banyak orang, namun memiliki kompetisi persaingan yang cukup ketat. Pada penelitian ini dilakukan analisis dan pengembangan strategi bisnis menggunakan metode Value chain yang berfokus pada bisnis pakaian. Metode Value chain adalah salah satu metode analisis yang populer karena sederhana, mudah digunakan dan diterapkan di lapangan. Studi kasus yang dibahas adalah nilai penjualan PD XYZ yang tertinggal dibandingkan kompetitor. Jenis metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dan kualitatif. Aktivitas logistik, penjualan, pelayanan, sumber daya manusia (SDM) dan Infrastruktur perusahaan dibahas dalam penelitian ini guna mendapatkan situasi yang jelas untuk mengembangkan solusi peningkatan nilai penjualan. Hasil menunjukkan bahwa nilai penjualan PD XYZ yang selalu tertinggal sebesar 30% dibandingkan kompetitor mampu diperbaiki dan unggul sebesar 5% setelah penerapan strategi. Secara internal, strategi bisnis yang diterapkan mampu meningkatkan nilai penjualan sebesar 142% dibandingkan sebelumnya. Kontribusi penelitian ini adalah dapat dijadikan acuan analisis dan pengembangan bisnis menggunakan metode value chain untuk bisnis- bisnis lainnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Industry of fashion, Value chain method, Sales value, Business strategy |
Subjects: | Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics |
Depositing User: | - Aullya - |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 13:19 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 13:19 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/24742 |