Almadani, Dewanda Addinal Islam and Dahda, Said Salim (2022) Analisis kecacatan produk menggunakan metode statistical quality control di PT. XYZ. JENIUS: Jurnal Terapan Teknik Industri, 3 (2): 5. pp. 103-113. ISSN 2722 3469
Jurnal_Dewanda Addinal Islam Almadani_Universitas Muhamadiyah Gresik_2022.pdf - Published Version
Download (668kB) | Preview
Abstract
Kualitas adalah karakteristik produk yang diinginkan konsumen dan didapatkan dari proses produksi dan proses perbaikan yang dilakukan secara berlanjut untuk keberlangsungan sebuah perusahaan. PT. XYZ adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi pintu yang terletak di Sidomulyo Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan. Pada proses produksi selama Januari–Desember 2021 masih banyak ditemukan kecacatan produk, kecacatan seringkali ditemukan pada proses perakitan, proses pemotongan, dan proses finishing. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya permasalahan pada setiap tahapan produksi. Setelah mengetahui permasalahan pada setiap tahapan produksi metode yang tepat dengan permasalahan yang ada adalah metode Statistical Quality Control. Statistical Quality Control adalah metode untuk menyelesaikan permasalahan yang memiliki fungsi seperti memantau, mengendalikan, menganalisis, dan meningkatkan kualitas produk menggunakan statistik. Dari hasil penelitian ini Dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi penyebab terjadinya kecacatan produk adalah faktor manusia dan faktor mesin yaitu sebesar 80%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Door, Statistical quality control, Quality control |
Subjects: | Industrial & Mechanical Engineering > Quality Control & Reliability |
Depositing User: | - Aullya - |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 13:12 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 13:12 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/24741 |