Respon mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran inquiry pada mata kuliah pembelajaran terpadu melalui program LSLC

Bahauddin, Azmy and Rarasaning, Satyaningsih and Cholifah, Tur Rosidah (2019) Respon mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran inquiry pada mata kuliah pembelajaran terpadu melalui program LSLC. Jurnal PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5 (1). pp. 67-76. ISSN 2621-2390

[thumbnail of Jurnal_Bahauddin Azmy_Universitas PGRI Adi Buana Surabaya_2019-9.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Bahauddin Azmy_Universitas PGRI Adi Buana Surabaya_2019-9.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (219kB) | Preview

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon mahasiswa
terhadap penerapan model pembelajaran inquiry pada mata kuliah pembelajaran terpadu melalui program LSLC. Program LSLC merupakan program pengembangan profesionalitas dosen dalam proses pelaksanaan perkuliahan. Permasalahan dalam penelitian ini ialah bagaimana respon mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran inquiry pada mata kuliah pembelajaran terpadu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan respon mahasiswa selama proses perkuliahan mata kuliah pembelajaran terpadu dengan menerapkan model pembelajaran inquiry. Pelaksanaan penelitian dilakukan di kelas A dan B
mahasiswa PGSD Universitas PGRI Adi Buana Surabaya angkatan 2015. Tahapan penelitian terdiri dari proses plan, do, dan see. Pada tahap plan, dosen model mempersiapkan pelaksanaan proses perkuliahan dengan membuat Satuan Acara Perkuliahan, chapter design, lesson design, ringkasan materi, lembar evaluasi, dan media. Selanjutnya pada tahap do,melaksanakan perencanaan yang telah dibuat, dengan menghadirkan lima
observer untuk membantu mengobservasi respon mahasiswa selama proses perkuliahan berlangsung. Tahap terakhir yaitu see, dari tahapan tersebut dosen model bersama para observer melaksanakan refleksi dengan melakukan focus group discussion untuk mendiskusikan informasi terkait
respon mahasiswa selama proses perkuliahan, juga masukan-masukan yang membangun untuk dapat dijadikan sebagai bahan perbaikan proses perkuliahan selanjutnya. Proses plan, do dan see dilakukan dalam dua siklus. Siklus pertama dilaksanakan pada kelas 2015A dan siklus kedua dilakukan di kelas 2015 B. Data yang terkumpul berupa angket respon yang diisikan observer, selanjutnya dianalisis dan ideskripsikan. Hasil penelitian tentang respon mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran inquiry pada mata kuliah pembelajaran terpadu menunjukkan hasil yang sangat positif dari mahasiswa. Hal tersebut terlihat dari antusiasme mahasiswa dalam mengikuti setiap proses perkuliahan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model inquiry, Respon mahasiswa, LSLC, Inquiry-based learning, University students, Learning processes
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: I Made Budhi Gautama
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:29
Last Modified: 16 Jul 2024 03:29
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24663

Actions (login required)

View Item
View Item