Hasil tes keterampilan membaca: Komparasi penggunaan media tes artikel ilmiah antara jurnal online dan cetak

Rika, Widawati and Abdul, Razak (2022) Hasil tes keterampilan membaca: Komparasi penggunaan media tes artikel ilmiah antara jurnal online dan cetak. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (Jurnal Pembahas), 1 (6). pp. 1-13. ISSN 2809-5367

[thumbnail of Jurnal_Rika Widawati_Universitas Pendidikan Indonesia_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Rika Widawati_Universitas Pendidikan Indonesia_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (203kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan hasil tes keterampilan membaca antara pembelajaran yang menggunakan media artikel ilmiah online dan artikel ilmiah versi cetak bagi para mahasiswa. Penelitian dilakukan di awal semester ganjil 2022/2023. Populasi penelitian adalah 69 mahasiswa S-1 Universitas Pendidikan Indonesia yang mengikuti dan submit tes via google form berbasis artikel ilmiah online dan artikel ilmiah cetak. Jumlah ini terbagi dari 35 mahasiswa baru S-1 Ilmu Komputer dan 34 mahasiswa baru S-1 Ilmu Komunikasi. Sampel ditetapkan 59 mahasiswa yang terbagi dari 30 mahasiswa baru S-1 Ilmu Komputer dan 29 mahasiswa baru S-1 Prodi Ilmu Komunikasi; ditarik secara random sederhana dari setiap anggota kelompok populasi. Instrumen penelitian adalah tes pilihan ganda 5 opsi via google form. Data dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial parametrik karena uji asumsi terpenuhi. Uji t satu sampel dan uji t sampel independen digunakan untuk menganalisis data sesuai dengan rumusan masalah. Setiap pengujian statistik menggunakan aplikasi SPSS. Untuk rumusan masalah-1 ditemukan nilai t = -10,879 untuk uji t satu sampel pada sig. = 0,00 sehingga sig. = 0,00 < 0,05 yang bermakna keterampilan membaca via artikel online berkategori sedang. Untuk rumusan masalah-3 ditemukan nilai t = -12,295 untuk uji t satu sampel pada sig. = 0,00 sehingga sig. = 0,00 < 0,05 yang bermakna keterampilan membaca via artikel cetak berkategori sedang. Untuk rumusan masalah-5 ditemukan nilai t = 0,439 untuk uji t sampel independen pada sig. = 0,662 sehingga sig. = 0,662 > 0,05 yang bermakna hasil tes keterampilan membaca tidak berbeda antara tes menggunakan artikel online dan artikel cetak. Kata kunci: hasil tes, keterampilan membaca, media artikel online, media artikel cetak

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil tes, Keterampilan membaca, Media artikel online, Media artikel cetak, Reading skills, Mass media, Online article media, Print article media, University students
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language
Depositing User: Putu Indra Widiartha
Date Deposited: 16 Jul 2024 02:47
Last Modified: 16 Jul 2024 02:47
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24662

Actions (login required)

View Item
View Item