Pengaruh penggunaan model problem based learning melalui media gambar berseri terhadap keterampilan menulis teks prosedur

Rice, Priani and Asri, Wahyuni Sari and Samsiarni, Samsiarni (2022) Pengaruh penggunaan model problem based learning melalui media gambar berseri terhadap keterampilan menulis teks prosedur. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (Jurnal Pembahas), 1 (6). pp. 1-10. ISSN 2809-5367

[thumbnail of Jurnal_Rice Priani_Universitas PGRI Sumatera Barat_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Rice Priani_Universitas PGRI Sumatera Barat_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (130kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis teks prosedur. Penelitian menggunakan metode eksperimen. Rancangan yang dipilih adalah posstest-Only Control design. Subjek penelitian adalah 62 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ranah Pesisir Instrumen penelitian terdiri atas tes unjuk kerja keterampilan menulis teks prosedur dan RPP terkait. Prosedur penelitian adalah pelaksanaan pretes keterampilan menulis teks prosedur sebelum perlakuan, pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur melalui model problem based learning berbantuan media gambar berseri, dan postes keterampilan menulis teks prosedur. Untuk mendeskripsikan model problem based learning berbantuan media gambar berseri dalam pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial parametrik yakni uji t sampel dan uji t samapel berpasangan. Hal ini dilakukan karena semua diasumsikan memenuhi syarat normal dan syarat homogen. Pertama, keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ranah Pesisir tanpa menggunakan problem based learning berbantuan media gambar berseri berkualifikasi cukup (C). Kedua, keterampilan menulis teks prosedur yang menggunakan model problem based learning berbantuan media gambar berseri menghasilkan kualifikasi baik (B). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model problem based learning berbatuan media gambar berseri dalam pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model problem based learning, Media gambar berseri, Keterampilan menulis, Teks prosedur, Problem-based learning, Writing skills, Upper secondary education
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language
Depositing User: Putu Indra Widiartha
Date Deposited: 16 Jul 2024 02:16
Last Modified: 16 Jul 2024 02:16
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24650

Actions (login required)

View Item
View Item