William, William and Hita, Hita (2019) Mengukur tingkat pemahaman pelatihan powerpoint menggunakan Quasi-Experiment One-Group Pretest-Posttest. Jurnal Sifo Mikroskil, 20 (1): 8. pp. 71-80. ISSN 2622-8130
2622-8130_20_1_2019-8.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
Abstract
Pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan penyampaian materi dengan baik kepada para siswa. Penguasaan PowerPoint sebagai salah satu alat bantu yang populer dalam pembuatan materi ajar merupakan hal perlu dipahami dengan baik oleh para guru agar dapat menyusun materi ajar sesuai dengan bidang masing-masing. Kegiatan pendidikan dan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahama para guru terkait PowerPoint sehingga pada akhirnya mereka mampu memanfaatkannya dengan baik. Metode penelitian statistik deskriptif dan rancangan penelitian Quasi-Experiment One-Group Pretest-Posttest digunakan untuk mengetahui apakah kegiatan ini mampu memberikan pengaruh terhadap para guru. Para guru diminta melakukan pretest sebelum diberikan treatment untuk kemudian diberikan posttest kembali setelah treatment. Hasil pretest dan posttest menunjukkan adanya peningkatan pemahaman para guru terhadap PowerPoint yang ditunjukkan oleh meningkatnya nilai rata-rata dari 74.67 pada pretest menjadi 76.13 pada posttest. Peningkatan persentase yang mendapatkan nilai A,B, dan C dari 76% saat pretest menjadi 84% saat posttest juga menunjukkan adanya peningkatan pemahaman. Disamping hal tersebut, pemerataan pengetahuan juga mengalami peningkatan dengan ditunjukkan oleh penurunan nilai standar deviasi dari 10.93 saat pretest menjadi 10.12 saat posttest. Dari hasil statistik ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini mampu meningkatkan pemahaman para guru terhadap PowerPoint.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Powerpoint, Quasi-experiment, One-group pretest-posttest, Statistik deskriptif, Computer programs, Teaching materials |
Subjects: | Computers, Control & Information Theory > Information Processing Standards Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - mayang - |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 08:44 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 08:44 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/24509 |