Pengukuran tingkat kematangan layanan IT dengan CMMI

Desi, Arisandy and Rudi, Rudi and Salsalina, Br Sembiring (2019) Pengukuran tingkat kematangan layanan IT dengan CMMI. Jurnal Sifo Mikroskil, 20 (1): 5. pp. 41-50. ISSN 2622-8130

[thumbnail of 2622-8130_20_1_2019-5.pdf]
Preview
Text
2622-8130_20_1_2019-5.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi pada proses bisnis organisasi tidak menjamin bahwa organisasi telah mampu memberikan layanan TI yang baik. Layanan ini perlu diukur dari tingkat kematanganya. Capability Maturity Model Integration (CMMI) merupakan framework yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat kematangan atau maturity level yang dimaksud. Pengukuran yang akurat tentunya bergantung pada alat ukur yang sahih dan handal. Matrik ITSM merupakan alat ukur yang telah diakui secara internasional dalam konsep ITSM dan ITIL. Penelitian ini menjadikan Perguruan Tinggi XYZ sebagai objek dalam penelitian. Adapun dasar dari pengambilan Perguruan Tinggi XYZ adalah dikarenakan perguruan tinggi ini telah memanfaatkan teknologi informasi dalam proses bisnisnya. Namun, permasalahan masih dijumpai pada pemberian layanan TI yang belum memenuhi harapan Devisi TI dan pengguna. Hal ini terlihat dari persentase penyelesaian laporan gangguan yang dapat diselesaikan tepat waktu hanya berkisar 60% dari keseluruhan laporan yang masuk, dan dijumpai juga penanganan laporan gangguan yang tidak tepat berkisar 19 - 29%. Hal ini tentunya menjadi perhatian besar yang perlu diselesaikan dengan cara mengukur tingkat layanan TI saat ini. Setelah dilakukan hasil pengukuran dengan matrik ITSM dan berpedoman kepada CMMI, maka didapati hasil bahwa tingkat kematangan atau maturity level layanan TI saat ini masih berada pada level 1 (initial) dimana proses layanan berjalan secara ad-hoc dan kacau, serta keberhasilan organisasi masih berasal dari kompetensi perorangan. Hal ini menunjukkan bahwa perguruan tinggi XYZ, terutama Devisi TI perlu meningkatkan layanan TI pada level yang lebih tinggi agar dapat terus melakukan peningkatan layanan TI kepada pengguna.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ITIL, CMMI, ITSM, Maturity level, Tingkat kematangan, Information technology, Capability maturity model integration, Maturity level, Business process
Subjects: Manufacturing Technology > Productivity
Manufacturing Technology > Research Program Administration & Technology Transfer
Depositing User: - mayang -
Date Deposited: 11 Jul 2024 06:14
Last Modified: 11 Jul 2024 06:14
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24503

Actions (login required)

View Item
View Item