Mar’atus, Sholikhatun Nisa and Yusuf, Amrozi (2019) Pemanfaatan big data dalam penerapan dynamic pricing (studi kasus amazon.com). Jurnal Sifo Mikroskil, 20 (1): 4. pp. 33-40. ISSN 2622-8130
2622-8130_20_1_2019-4.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
Abstract
Teknologi internet telah mengubah kehidupan manusia, salah satunya dengan memanfaatkan platform eklektronik untuk transaksi bisnis atau disebut Electronic Commerce (E-Commerce). Pemilik perusahaan E-Commerce harus menerapkan metode berpikir untuk perencanaan jangka panjang. Metode ini sudah dilakukan oleh Jeff Bezos dengan memanfaatkan big data untuk melakukan dynamic pricing. Cara ini sudah terbukti mampu meningkatkan sales penjualan di Amazon. Teknologi ini mengkustomisasi harga/diskon untuk barang tertentu sesuai pelanggan tertentu secara real-time. Sehingga memungkinkan dua pelanggan yang berbeda untuk membeli item yang sama dari sebuah toko online dengan dua harga yang berbeda. Model dynamic pricing terdiri atas tiga lapisan bottom-up: data layer, analysis layer, dan decision layer.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Amazon, Big data, Data mining, Dynamic pricing, E-commerce, Electronic commerce, Internet |
Subjects: | Manufacturing Technology > Research Program Administration & Technology Transfer Computers, Control & Information Theory |
Depositing User: | - mayang - |
Date Deposited: | 13 May 2024 03:02 |
Last Modified: | 13 May 2024 03:02 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/24502 |