Trauma healing: english for young learners bagi anak-anak terdampak erupsi Gunung Sinabung

Meida Rabia, Sihite and Linda Astuti, Rangkuti and Yunita Mutiara, Harahap (2022) Trauma healing: english for young learners bagi anak-anak terdampak erupsi Gunung Sinabung. Wahana Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1 (2): 1. pp. 30-36. ISSN 2962-7931

[thumbnail of 2962-7931_1_2_2022-1.pdf]
Preview
Text
2962-7931_1_2_2022-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (580kB) | Preview

Abstract

Bahasa Inggris sudah diajarkan sejak usia dini sejak tingkat sekolah dasar. Hal ini dilakukan untuk mengikuti perkembangan zaman yang semakin global serta untuk memperkenalkan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Namun, pada kenyataannya, hingga saat ini banyak siswa/i masih beranggapan bahwa bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang sulit, serius, menakutkan, bahkan menjemukan. Fenomena ini juga terjadi pada anak-anak terdampak erupsi Gunung Sinabung di Kawasan Relokasi Siosar, Desa Simacem, Kabupaten Karo. Mereka kurang menguasai bahasa Inggris dasar, lebih dominan berbicara bahasa lokal, serta rendahnya rasa percaya diri mereka untuk berbicara bahasa Inggris akibat metode pengajaran bahasa Inggris yang kurang menarik yang diperoleh di sekolah serta trauma akibat menjadi korban erupsi Gunung Sinabung yang menyebabkan mereka harus direlokasi ke daerah pengungsian. Untuk itu, tim pengabdian terdorong untuk melakukan kegiatan pemulihan trauma berupa pelatihan bahasa Inggris bagi anakanak terdampak erupsi Gunung Sinabung dengan metode pembelajaran Fun Communicative Learning through games and nursery rhymes. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat khususnya anak-anak usia sekolah dasar agar kejadian atau bencana yang terjadi selama ini tidak berdampak buruk dan berlanjut pada stabilitas mental dan emosional ke depan. Dengan kegiatan ini diharapkan rasa percaya diri anak-anak akan terbangun kembali karena adanya bentuk perhatian lain berupa Trauma Healing.

Item Type: Article
Additional Information: Validated by Sri Wulan
Uncontrolled Keywords: Trauma, Healing, English, Young learners, Lesions, Psychological effects, Recovery
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Psychology
Depositing User: - siti Elly
Date Deposited: 03 May 2024 02:56
Last Modified: 03 May 2024 04:13
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24471

Actions (login required)

View Item
View Item