Bimbingan penyusunan tes keterampilan membaca sebagai teknik pembelajaran supervisi klinik pengawas sekolah terhadap guru SD

Elma, Elma (2022) Bimbingan penyusunan tes keterampilan membaca sebagai teknik pembelajaran supervisi klinik pengawas sekolah terhadap guru SD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (Jurnal Pembahas), 1 (6). pp. 1-8. ISSN 2809-5367

[thumbnail of Jurnal_Elma_Dinas Pendidikan Kab. Indragiri Hilir_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Elma_Dinas Pendidikan Kab. Indragiri Hilir_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) proses penyusunan tes keterampilan membaca sebagai teknik pembelajaran melalui supervisi klinik pengawas sekolah; 2) profil tes keterampilan membaca sebagai teknik pembelajaran; 3) pernyataan guru peserta kegiatan tentang kepuasan dalam kegiatan supervisi klinik pengawas. Kegiatan supervisi klinik dilakukan di SD Negeri 011 se-Kecamatan Batang Tuaka pada awal semester ganjil 2022/2023. Subjek penelitian adalah 15 guru kelas tinggi SD Negeri di Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Mereka berasal dari 9 SD binaan. Instrumen penelitian: 1) lembar kegiatan guru (LKG); 2) kuesioner respon guru dalam kegiatan supervisi klinik pengawas. Semua instrumen memenuhi syarat validitas isi. Kegiatan berlangsung selama 1 x 8 jam. Analisis data dilakukan secara tematik untuk rumusan masalah pertama dan rumusan masalah kedua sedangkan untuk rumusan masalah ketiga dinalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif. Hasil penelitian tindakan pengawas: 1) proses penyusunan tes pilihan keterampilan membaca melalui supervisi klinik pengawas; 2) perangkat tes pilihan keterampilan membaca sebagai teknik pembelajaran; 3) semua guru kelas tinggi SD se-Kecamatan Reteh merespon sangat puas terhadap pelaksanaan kegiatan supervisi klinik pengawas SD.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bimbingan penyusunan tes, Keterampilan membaca, Teknik pembelajaran, Supervisi klinik pengawas sekolah, Reading skills, Learning processes, Supervision, Learning processes, Teachers, Primary school teachers
Subjects: Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language
Depositing User: Putu Indra Widiartha
Date Deposited: 16 Jul 2024 04:27
Last Modified: 16 Jul 2024 04:27
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24470

Actions (login required)

View Item
View Item