Efektivitas relaksasi dzikir untuk meningkatkan motivasi belajar siswa: literature review

Fathimathuz, Zahro and Abdul, Muhid (2022) Efektivitas relaksasi dzikir untuk meningkatkan motivasi belajar siswa: literature review. Tarlim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5 (2): 4. pp. 159-173. ISSN 2615-7225

[thumbnail of 2615-7225_5_2_2022-4.pdf]
Preview
Text
2615-7225_5_2_2022-4.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Dalam proses belajar, siswa harus memiliki motivasi yang stabil. Motivasi merupakan faktor yang melekat dalam kegiatan belajar setiap orang. Motivasi manusia merupakan bagian dari kebutuhan dan menjadi bagian terpenting dalam mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Namun seringkali dijumpai siswa berprestasi buruk bukan karena kurangnya kemampuan, tetapi karena tidak memiliki motivasi belajar, sehingga tidak berusaha untuk mengembangkan kemampuannya secara maksimal. Berbagai upaya guna meningkatkan motivasi siswa dalam belajar sudah banyak diaplikasikan, namun kurang adanya perhatian mengenai faktor internal ketenangan belajar pada diri siswa (ketenangan batin). Tujuan: Tinjauan pustaka ini mencoba menggali lebih dalam tentang efektivitas relaksasi dzikir untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode: Metode penulisan yang menggunakan tinjauan pustaka dengan mengumpulkan data dari fenomena yang diangkat dari berbagai sumber, baik jurnal, buku maupun referensi yang relevan dengan masalah dan topik yang diangkat. Kesimpulan: Metode relaksasi dzikir memiliki efektivitas yang sangat baik sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Relaksasi, Dzikir, Motivasi belajar, Siswa, Learning motivation, Student, Relaxation therapy, Learning processes,
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 26 Apr 2024 04:31
Last Modified: 26 Apr 2024 04:31
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24442

Actions (login required)

View Item
View Item