Muhammad, Fahrurrozi (2022) Pendidikan karakter di pondok pesantren. Tarlim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5 (1): 3. pp. 29-42. ISSN 2615-7225
2615-7225_5_1_2022-3.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
Abstract
Pendidikan merupakan sarana yang sangat penting dalam memajukan dan memperkuat suatu bangsa, karena melalui pendidikan dapat melahirkan anak bangsa yang berwawasan, yang dapat menjadi generasi penerus dalam memimpin bangsa. Melalui pendidikan pula suatu bangsa akan mudah mendapat pengakuan dan sulit untuk digulingkan, dibodohi dan dijajah oleh bangsa lain, karena bangsa tersebut memiliki kemampuan untuk berjuang secara intelektual, karena memiliki anak bangsa yang dididik melalui pendidikan. Belakangan ini nampaknya pendidikan tidak memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan mental dan perilaku anak bangsa. Banyaknya tawuran, pencurian, narkoba, pembunuhan dan perilaku asusila lainnya menunjukkan bahwa sistem pendidikan di Indonesia sedang bermasalah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan penelitian ini adalah multidisiplin dan fenomenologis. Data diperoleh melalui tahapan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang ditemukan adalah: 1) prinsip-prinsip pondok pesantren dalam mengembangkan pendidikan karakter meliputi aspek teosentris, kesederhanaan, keikhlasan, kemandirian, kolektivitas dan sebagainya. 2) strategi dan metode dalam mengembangkan pendidikan karakter terdiri dari metode keteladanan, pembiasaan, nasehat, motivasi, dan cerita. 3) pelaksanaan pendidikan karakter di lingkungan pondok pesantren dilakukan melalui kegiatan formal dan informal.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Character education, Strategy and method, Character building, Islamic boarding school |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 12:31 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 12:31 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/24431 |