Perbandingan model problem based learning dengan model think talk write terhadap keterampilan menulis teks deskripsi

Yovia, Rahmadani and Suci, Dwinita and Yulia, Pebriani (2022) Perbandingan model problem based learning dengan model think talk write terhadap keterampilan menulis teks deskripsi. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (Jurnal Pembahas), 1 (6): 1. pp. 1-10. ISSN 2809-5367

[thumbnail of Jurnal_ Yovia Rahmadani_Universitas PGRI Sumatera Barat_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_ Yovia Rahmadani_Universitas PGRI Sumatera Barat_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (125kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi melalui pembelajaran menggunakan model problem based-learning, keterampilan menulis teks deskripsi melalui pembelajaran menggunakan model think talk write, dan perbandingan model pembelajaran problem based learning dengan model think talk write terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Mutiara. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Mutiara yang berjumlah 54 orang yang terdiri dari kelas eksperimen 1 berjumlah 27 orang dan siswa kelas eksperimen 2 juga berjumlah 27 orang. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Mutiara menggunakan model problem based learning memperoleh nilai rata-rata 71,11 berada pada rentangan 66-75% dengan kualifikasi lebih dari cukup. Kedua, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Mutiara menggunakan model think talk write memperoleh nilai rata-rata 77,48 berada pada rentangan 76-85% dengan kualifikasi baik. Ketiga, berdasarkan hasil uji t sampel berpasangan diketahui penggunaan model problem based learning kurang efektif dibandingkan menggunakan model think talk write terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Mutiara karena nilai t hitung -14,051 pada sig. sebesar 0,00 < 0,05 sehingga Ho ditolak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model problem based learning, Model think talk write, Keterampilan menulis, Teks deskripsi, Writing skills, Learning methods, Descriptive methods
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Putu Indra Widiartha
Date Deposited: 25 Jul 2024 04:01
Last Modified: 25 Jul 2024 04:01
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24319

Actions (login required)

View Item
View Item