Apolonia, Lusia and Dulhad, Dulhad and Izati, Izmi and Nurbeti, Nurbeti and Yohanes, Kenedy (2022) Komparasi model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dan picture and picture terhadap hasil belajar siswa. JUWARA : Jurnal Wawasan dan Aksara, 2 (2): 6. pp. 146-156. ISSN 2797-2097
2797-2097_2_2_2022-6.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non-Examples dan Picture And Picture terhadap hasil belajar siswa pada materi perangkat keras internet ditinjau dari motivasi belajar di kelas XI SMA Negeri 1 Toba Kabupaten Sanggau. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen, bentuk factorial design. Instrumen penelitian berupa tes bentuk soal pilihan ganda dan angket. Data yang diperoleh dianalisis
menggunakan anava dua jalur. Hasil uji anava menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar sesudah diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples dan Picture and Picture pada materi perangkat keras internet di kelas XI SMA Negeri 1 Toba Kabupaten Sanggau dengan model Examples Non Examples, 2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah pada materi perangkat keras internet di kelas XI SMA Negeri 1 Toba Kabupaten Sanggau, 3) Terdapat interaksi model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi perangkat keras internet di kelas XI SMA Negeri 1 Toba Kabupaten Sanggau dengan nilai Model Examples Non Examples.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Examples non examples, Picture and picture, Motivasi dan hasil belajar, Learning motivation, Academic achievement, Cooperative learning, Upper secondary education |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Dina - |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 04:59 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 04:59 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/24301 |