Halida, Indrasari and Marguin, Marguin and Nia, Hadianti (2022) Bimbingan dan konseling karir pada perencanaan karir siswa kelas XII SMK Negeri 1 Nanga Pinoh. JUWARA : Jurnal Wawasan dan Aksara, 2 (2): 4. pp. 124-135. ISSN 2797-2097
2797-2097_2_2_2022-4.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi di lapangan, wawancara dengan informan, dan dokumentasi untuk memperlihatkan realita terkait pelaksanaan layanan konseling karir dalam membantu perencanaan karir siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Nanga Pinoh. Dalam metode analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu untuk menggambarkan dan menjelaskan mengenai pelaksanaan layanan konseling karir dalam membantu merencanakan karir siswa kelas XII di SMK Negeri Nanga Pinoh . Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya program materi tentang layanan konseling karir yang dimiliki oleh guru BK SMK Negeri 1 Nanga Pinoh yaitu, layanan informasi tentang pemahaman diri tentang jurusan yang diambil oleh siswa SMK Negeri 1 Nanga
Pinoh, Pelaksanaan layanan konseling karir di SMK Negeri 1 Nanga Pinoh memakai tiga format yaitu dengan format klasikal, format kelompok, dan format individual. Hambatan yang ditemui di SMK Negeri 1 Nanga Pinoh adalah adanya kesenjangan rasio dan guru lalu keterbatasan sarana untuk pelaksanaan layanan bimbingan karir seperti tempat dan tidak disediakannya jadwal untuk masuk ke kelas XII. Tidak adanya mitra sekolah yang bisa memastikan bahwa ketika tamat
sekolah nanti siswa-siswi akan mendapat pekerjaan diperusahaan-perusahaan atau melanjutkan ke Purguruan Tinggi
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling karir, Bimbingan karir, Perencanaan, Vocational guidance, Vocational education |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Dina - |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 04:44 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 04:44 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/24299 |