Vindo, Feladi and Heribertus, Heri and Ilham, Tria Jaya and Tomy, Noviansyah (2022) Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa. JUWARA : Jurnal Wawasan dan Aksara, 2 (2): 1. pp. 80-93. ISSN 2797-2097
2797-2097_2_2_2022-1.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas pengunaan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa pada materi hardware komputer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/I kelas X SMA Negeri 1 Nanga Taman, dengan penarikan sampel menggunakan Sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengukuran teknik studi documenter. Hasil analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe TAI adalah pre-test 59 dengan standar deviasi 11,05888107 dan post-test 81 dengan standar deviasi 7,153891313. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran konvensional adalah pre-test 59 dengan standar deviasi 7,390969949 dan post-test 74 dengan standar deviasi 6,486059321. Hasil penelitian ini adalah terdapat peningkatan penggunaan model pembelajaran koopreatif tipe TAI dibandingkan tanpa menggunakan metode konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi Hardware komputer di kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Nanga Taman dengan signifikansi 0,053<0,05.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Team assisted individualization, Hasil belajar, Academic achievement, Cooperative learning, Upper secondary education, Learning models (stochastic processes) |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Dina - |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 04:27 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 04:27 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/24296 |