Nadira, Puteri Aswinda and Yessy, Karista (2022) Dampak implementasi kurikulum sekolah penggerak terhadap motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 8 Pontianak. JUWARA : Jurnal Wawasan dan Aksara, 2 (1): 7. pp. 68-79. ISSN 2797-2097
2797-2097_2_1_2022-7.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
Abstract
Kurikulum sekolah penggerak diterapkan agar siswa memiliki nilai-nilai pancasila dalam dirinya selain itu guru juga harus membawa perubahan yang baik terutama dalam meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik. Kurikulum sekolah penggerak ini memiliki dampak terhadap motivasi belajar peserta didik karena adanya capaian pembelajaran dan perolehan hasil belajar dari kurikulum ini didasarkan pada makna profil pelajar pancasila. Metode penelitian yang digunakan adalah library research yaitu penelitian berbasis kepustakaan, dilakukan dengan cara menganalisis literatur yang ada di buku, jurnal, karya ilmiah dan lainnya yang berhubungan dengan dampak implementasi kurikulum sekolah penggerak terhadap motivasi belajar peserta didik. Hasil penelitian ini menjelaskan mengenai kurikulum sekolah penggerak, transformasi sekolah melalui program sekolah penggerak, ruang lingkup program sekolah penggerak,profil pelajar pancasila, elemen kunci nilai-nilai profil pelajar pancasila, perbedaan kurikulum sekolah penggerak dengan kurikulum 2013, peran guru dalam kurikulum sekolah penggerak, motivasi belajar, dan pengaruh kurikulum sekolah penggerak terhadap motivasi belajar peserta didik
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kurikulum sekolah penggerak, Motivasi belajar, Curriculum, Learning motivation |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Dina - |
Date Deposited: | 23 Apr 2024 04:55 |
Last Modified: | 23 Apr 2024 04:55 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/24293 |