Dampak implementasi kurikulum sekolah penggerak terhadap motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 8 Pontianak

Nadira, Puteri Aswinda and Yessy, Karista (2022) Dampak implementasi kurikulum sekolah penggerak terhadap motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 8 Pontianak. JUWARA : Jurnal Wawasan dan Aksara, 2 (1): 7. pp. 68-79. ISSN 2797-2097

[thumbnail of 2797-2097_2_1_2022-7.pdf]
Preview
Text
2797-2097_2_1_2022-7.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview

Abstract

Kurikulum sekolah penggerak diterapkan agar siswa memiliki nilai-nilai pancasila dalam dirinya selain itu guru juga harus membawa perubahan yang baik terutama dalam meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik. Kurikulum sekolah penggerak ini memiliki dampak terhadap motivasi belajar peserta didik karena adanya capaian pembelajaran dan perolehan hasil belajar dari kurikulum ini didasarkan pada makna profil pelajar pancasila. Metode penelitian yang digunakan adalah library research yaitu penelitian berbasis kepustakaan, dilakukan dengan cara menganalisis literatur yang ada di buku, jurnal, karya ilmiah dan lainnya yang berhubungan dengan dampak implementasi kurikulum sekolah penggerak terhadap motivasi belajar peserta didik. Hasil penelitian ini menjelaskan mengenai kurikulum sekolah penggerak, transformasi sekolah melalui program sekolah penggerak, ruang lingkup program sekolah penggerak,profil pelajar pancasila, elemen kunci nilai-nilai profil pelajar pancasila, perbedaan kurikulum sekolah penggerak dengan kurikulum 2013, peran guru dalam kurikulum sekolah penggerak, motivasi belajar, dan pengaruh kurikulum sekolah penggerak terhadap motivasi belajar peserta didik

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum sekolah penggerak, Motivasi belajar, Curriculum, Learning motivation
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 23 Apr 2024 04:55
Last Modified: 23 Apr 2024 04:55
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24293

Actions (login required)

View Item
View Item