Vindo, Veladi (2022) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran informatika kelas VII MTS NEGERI 2 Pontianak. JUWARA : Jurnal Wawasan dan Aksara, 2 (1): 5. pp. 49-57. ISSN 2797-2097
2797-2097_2_1_2022-5.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui : (1) Motivasi, dan hasil belajar siswa mata pelajaran informatika kelas VII MTS Negeri 2 Pontianak, (2) Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran informatika kelas VII MTS Negeri 2 Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTS Negeri 2 Pontianak yang berjumlah 400 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proportionate Random Sampling dengan jumlah sampel 186 siswa. Data penelitian diperoleh dengan teknik komunikasi tak langsung dan studi dokumenter, dengan angket sebanyak 25 pernyataan yang telah melalui tahap uji coba setelah itu di uji validitas dan uji eliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif yang di gunakan untuk mendeskripsikan data masing-masing variabel, dan analisis regresi linear sederhana yang di gunakan untuk pengujian hipotesis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, (1) Deskripsi hasil motivasi cenderung sangat tinggi dan hasil belajar siswa mata pelajaran informatika di MTS
Negeri 2 Pontianak masuk dalam istimewa, (2) Terdapat pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran informatika kelas VII MTS Negeri 2 Pontianak.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi dan hasil belajar, Learning motivation, Academic achievement, Secondary education, Informatics, Science education |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Dina - |
Date Deposited: | 21 Apr 2024 12:53 |
Last Modified: | 21 Apr 2024 12:53 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/24276 |