Identifikasi pentingnya pengenalan peranan civitas akademika teknik sipil dalam menurunkan tingkat kecelakaan berkendara

Muhamad, Abdul Hadi and Fathoni, Abdul Mukti and Laziqoh, Zahatul Tolab and Hanifardhi, Hanifardhi and Dika, Kurniawan and Rahmad, Saptanto and Winarni, Winarni (2023) Identifikasi pentingnya pengenalan peranan civitas akademika teknik sipil dalam menurunkan tingkat kecelakaan berkendara. In: Proceeding Civil Engineering Research Forum.

[thumbnail of 2962-2697_2_2_2023-33.pdf]
Preview
Text
2962-2697_2_2_2023-33.pdf - Published Version

Download (767kB) | Preview

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia. Kecelakaan terjadi karena beberapa faktor yaitu faktor manusia, kendaraan, infrastruktur, dan lingkungan. Dari beberapa faktor, faktor yang paling krusial adalah infrastruktur. Jalan yang dibangun menggunakan prinsip keselamatan jalan yang melibatkan civitas akademika teknik sipil secara langsung dalam seluruh proses perancangannya. Namun sayangnya hal tersebut tidak diketahui publik sehingga sering menimbulkan pertanyaan dan perbedaan persepsi. Kondisi-kondisi ini harus diidentifikasi untuk menentukan langkah selanjutnya. Dalam penelitian ini identifikasi dilakukan untuk mengidentifikasi peran penting civitas akademika teknik sipil dalam masyarakat yang diwakili oleh 167 siswa SMA Negeri 1 Pakem. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari proses wawancara dan pengisian kuesioner yang berisi 5 pertanyaan terkait peran civitas akademika dalam menurunkan angka kecelakaan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa masih banyak pihak yang belum mengetahui peran civitas akademika teknik sipil. Pada prakegiatan, hanya 15% mahasiswa yang berpendapat bahwa civitas akademika teknik sipil berperan dalam menurunkan angka kecelakaan. Namun setelah dilakukan kegiatan pemaparan materi, pernyataan tersebut berubah secara signifikan yaitu menjadi 61%. Hal ini membuktikan bahwa pengenalan civitas akademika sangat perlu dilakukan sedini mungkin untuk menjalin komunikasi dengan masyarakat dan meningkatkan peran civitas akademika dalam upaya menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan lalu lintas, Jalan keselamatan, Akademisi teknik sipil, Masyarakat. Traffic accident, Road safety, Community.
Subjects: Administration & Management > Public Administration & Government
Transportation > Transportation Safety
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 14 Nov 2023 07:43
Last Modified: 14 Nov 2023 07:43
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24262

Actions (login required)

View Item
View Item